sawangan baru rapat virtual
VIRTUAL : Lurah Sawangan Baru (Sabar), Cucu Suardi didampingi Sekretaris Kelurahan, Fajar (kiri) sedang mengikuti acara peringatan hari jadi ke-22 Kota Depok secara virtual. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN BARU – Peringatan hari jadi ke-22 Kota Depok, dirayakan dengan sangat sederhana. Tidak ada hingar bingar, maupun hiruk pikuk masyarakat di jalan. Pun demikian dengan aparatur Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan.

Mereka hanya melakukan refleksi, dengan melakukan virtual meeting bersama seluruh stakeholder di wilayahnya, dalam rangka memperingati hari jadi Kota Depok.

Dalam kesempatan pertemuan virtual itu, Sekretaris Kelurahan (Sekel) Sawangan Baru, Fajar Mei Hendri mengatakan, Kota Depok diibaratkan sebagai insan yang tidak lagi remaja. Melainkan sudah menjadi sosok yang dewasa yang wajib merubah penampilannya agar lebih baik.

“Kota Depok sudah tidak lagi remaja, melainkan beranjak dewasa sehingga semakin cakap untuk berdandan menyesuaikan diri tampil lebih baik sesuai usianya,” kata Fajar, Rabu (28/4).

Menurutnya, Kota Depok saat ini maju cukup pesat dari mulai pembangunan insfrastruktur, ekonomi, budaya, sosial dan pembangunan.

“Bahkan, Depok semasa masih Kota Administratif (Kotif) sekitar tahun 80-an, menurut buku yang saya baca merupakan tempatnya pelatihan seni dan budaya tradisional dan budaya Indonesia. Hal ini dilakukan pada hari tertentu di salah satu gedung milik pemerintah,” bebernya.

Maka itu, lanjut dia, tidak heran jika sampai saat ini, seni dan budaya di Kota Depok sangat kental. Senan pemerintah memfasilitasi pelatihannya melalui sanggar seni, di antaraya Ayodya Pala.

“Selain itu, masyarakatnya memiliki kekeluargaan yang begitu kental, sehingga tidak mudah muncul perselisihan karena budaya aslinya masih terjaga,” terangnya.

Dia mencotohkan, di Sawangan Baru terdapat turun temurun silsilah keluarga yang sampai saat ini masih memiliki kekerabatan yang cukup tinggi, sehingga satu dengan lainnya saling menghargai.

“Untuk itu, kekerabatan ini jangan sampai ‘mati obor’. Meski tinggal berjauhan, tetapi persaudaran tetap dijaga, karena Depok ini kekeluargaan begitu kental sampai sekarang ini, ” imbuhnya.

Ia juga mengajak warga di peringatan ke-22 Kota Depok, untuk selalu bersinergi dengan pemerintahan sehingga program yang sudah direncanakan bisa terealisasi agar pembanguan di wilayah tambah maju. “Jadi mari kita saling bersinergi untuk kemajuan wilayah Sawangan Baru, khususnya dan umumnya Kota Depok,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro