Anggota DPRD Jawa Barat, Rizki Apriwijaya.
Anggota DPRD Jawa Barat, Rizki Apriwijaya.

RADARDEPOK.COM, DEPOK  – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya mengutarakan harapannya agar pemerintah menjadikan Hari Nelayan Nasional pada 6 April 2021, sebagai momentum meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir seperti nelayan.

Wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini menerangkan, berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jumlah nelayan mencapai 1.459.874 orang.

“Dan ini merupakan aset nasional untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan menjadi lebih maju dan berjaya sebagai negara maritime,” papar Rizki kepada Radar Depok.

Namun, Rizki yang memiliki jargon Dewan Milenial ini mengungkapkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah untuk membantu kehidupan nelayan, di antaranya masih tingginya kemiskinan nelayan yang mencapai 20 hingga 48 persen nelayan.

“PR itu harus diselesaikan, agar nelayan kita bisa sejahtera,” ucap Rizki.

Dia menyebutkan beberapa faktor yang harus diatasi untuk membantu nelayan seperti meningkatkan harga jual hasil tangkap agar lebih tinggi dibanding biaya produksi, serta membantu meningkatkan kuantitas tangkapan nelayan dengan metode yang lebih canggih, dan juga perlu insentif khusus bagi nelayan dan pembudidaya skala kecil agar memiliki modal usaha yang memadai.

“Mari menjadikan momentum Hari Nelayan Nasional saat ini dengan memberikan kebijakan dan program yang selalu berpihak pada kepentingan nelayan dan memperkuat pemberdayaan masyarakat nelayan agar lebih sejahtera,” pungkas Rizki. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah