Beranda Metropolis Rumah Cimanggis Masuk Tahap Revitalisasi

Rumah Cimanggis Masuk Tahap Revitalisasi

0
Rumah Cimanggis Masuk Tahap Revitalisasi
CAGAR BUDAYA: Suasana Cagar Budaya Rumah Cimanggis. Bangunan bersejarah tersebut terletak di kawasan RRI, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rumah Cimanggis yang terletak di kawasan RRI Cisalak saat ini sedang masuk dalam tahap revitalisasi, namun bahasa itu sekedar kiasan yang maksudnya adalah renovasi. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Budaya (Disporyata), Wijayanto, Selasa (06/04)

“Iya bahasanya dari awal pakai revitalisasi, walaupun bentuknya renovasi yang sesuai dengan kondisi awal,” terang Wijayanto kepada Radar Depok.

Menurut Wijayanto redaksional kata tidak masalah, yang terpenting adalah bangunan tersebut sedang diperbaiki dari kondisinya yang rusak parah menjadi sesuai kondisi asli. Namun, sampai saat ini belum ada laporan mendetail dari Dinas PUPR yang juga punya bagian.

“Dari PUPR belum ada laporan secara detail, sekarang masih proses pengerjaan,” tambah Wijayanto.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Tatik Wijayanti menambahkan bahwa pengerjaan revitalisasi Rumah Cimanggis telah berlangsung. “Sosialisasi juga sudah dilakukan saat tahun 2020 oleh PUPR dan kontraktornya,” tambahnya.

Dilanjutkannya, bahwa pihaknya menempatkan dua petugas dengan sistem bergantian untuk menjaga Rumah Cimanggis. Seperti rutin memasang lampu, memotong rumput dan membersihkan area rumah.  Petugas khusus juga difungsikan menerima pengunjung yang datang. Tentunya dengan mengantongi izin dari Disporyata Depok.

“Pengunjung harus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu yang diajukan ke Disporyata,” tutupnya. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR