Beranda Metropolis Saat Sehat Rudi Lindungi Diri dengan JKN-KIS

Saat Sehat Rudi Lindungi Diri dengan JKN-KIS

0
Saat Sehat Rudi Lindungi Diri dengan JKN-KIS
Rudi Haryanto, Warga Kota Depok

RADARDEPOK.COM – Memiliki jaminan perlindungan diri kini menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Kondisi kesehatan yang sulit untuk diprediksi hingga biaya pelayanan kesehatan yang tidak murah menjadi alasan utamanya. Untuk itu, menjadi peserta JKN-KIS selagi sehat adalah langkah yang perlu ditempuh. Seperti yang dilakukan oleh Rudi Haryanto, seorang warga Kota Depok.

Rudi mengungkapkan, dia telah menjadi peserta JKN-KIS sejak 2014 lalu. Saat Program JKN-KIS baru diluncurkan. Meski demikian, hingga saat ini Rudi belum pernah menggunakan Kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat di fasilitas kesehatan.

“Walaupun belum pernah menggunakannya untuk berobat, saya tidak pernah merasa rugi. Saya paham konsepnya adalah gotong royong. Artinya iuran yang saya bayarkan akan digunakan untuk membantu peserta lain yang sakit. Begitupula jika suatu saat nanti saya jatuh sakit dan butuh pengobatan, maka iuran dari peserta lain yang sehat akan digunakan untuk membantu pengobatan saya. Ini adalah konsep yang menurut saya sangat bagus karena kita bisa saling menolong,” ujar Rudi, Kamis (15/4).

Lebih lanjut, Rudi mengungkapkan, dengan konsep gotong royong dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, maka masyarakat bisa mengakses pelayanan kesehatan dengan baik tanpa terkendala biaya. Menurutnya, akan sangat sulit bagi masyarakat utamanya kategori menengah kebawah untuk berobat dengan baik bila harus menanggung sendiri biaya pengobatan. Untuk itu, ia sangat mendukung penyelenggaraan Program JKN-KIS.

“Walaupun sudah terdaftar lama, hingga hari ini saya tidak berharap untuk menggunakannya karena saya berharap untuk sehat terus. Saya mendaftar karena saya sangat menyadari pentingnya melindungi diri selagi sehat. Apalagi saya selaku tukang ojek, maka resiko untuk jatuh sakit juga cukup besar. Jadi agar tidak mengalami kesulitan untuk berobat, maka saya mendaftar menjadi peserta JKN-KIS. Namun bila memilih, saya tidak ingin menggunakannya karena berarti saya sehat,” ujar Rudi.

Rudi juga mengajak kepada semua masyarakat untuk segera memproteksi diri dengan menjadi peserta JKN-KIS selagi sehat. Apalagi dengan adanya Pandemi Covid-19 saat ini yang begitu rentan mempengaruhi kondisi kesehatan. (rd)

Editor : Fahmi Akbar