Beranda Satelit Depok Selamat Jalan Engkong Buang

Selamat Jalan Engkong Buang

0
Selamat Jalan Engkong Buang
Alm Buang Jayadi

RADARDEPOK.COM, TANAH BARU – Kabar duka datang dari salah seorang seniman sekaligus sesepuh kebudayaan Kota Depok, yaitu Buang Jayadi, atau yang akrab disapa Engkong Buang. Dia dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya di usia 92 tahun, Sabtu (17/4) kemarin.

Salah satu kerabat Engkong Buang, Fadli Adhan mengatakan, almarhum meninggal lantaran sakit yang sejak lama dideritanya. “Meninggal di rumahnya karena sakit,” kata Fadli, Minggu (18/4).

Dia mengungkapkan, Engkong Buang dimakamkan di Pemakaman Umum Kelurahan Tanah Baru pada Minggu (18/4). Dekat dengan orang tua almarhum.

Untuk diketahui, Engkong Buang merupakan pengurus Sanggar Seni Gong Si Bolong, yang berlokasi di RT1/7, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

Gong Si Bolong merupakan kesenian gamelan yang memiliki nilai historis tinggi. Sebab, gong dan peralatan gamelan lainnya ditemukan secara magis oleh leluhur di sana pada tahun 1750 silam.

Kala itu, warga disekitaran Kali Krukut, Kecamatan Limo sering mendengar suara musik gamelan yang berasal dari curugan (air terjun) di sekitar Kali Krukut.

Karena rasa penasaran warga akan keanehan bunyi gamelan tersebut, akhirnya ada seorang pemuda yang berani untuk mecari tahu asal muasal suaranya. Ketika pemuda itu mulai mendekat ke sumber suara tersebut, pemuda tersebut terkejut karena menemukan seperangkat peralatan gamelan yang cukup lengkap di pinggir Kali Krukut.

Setelah melihat alat gamelan tersebut, pemuda tersebut bergegas pulang dan memberi tahu dua orang temannya tentang apa yang dilihatnya. Namun, saat kembali ke Kali Krukut bersama dua orang temanya keadaan peralatan gamelan sudah tidak lengkap lagi. Hanya tersisa satu buah gong besar (Gong Si Bolong), satu buah gong kecil, serta satu buah gendang. Ketiga alat musik tersebut, masih tersimpan rapi di rumah Kong Buang. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro