Beranda Metropolis Sistem Looping Selamatkan Penyaluran Listrik dari Pemadaman

Sistem Looping Selamatkan Penyaluran Listrik dari Pemadaman

0
Sistem Looping Selamatkan Penyaluran Listrik dari Pemadaman
MITIGASI: PLN telah menyiapkan jalur mitigasi dengan sistem looping, jaringan dari Tambun-Muaratawar-Cawang-Bekasi. FOTO: DOKUMEN PLN FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500kV jalur Tambun-Bekasi mengalami putus pada Senin (5/4) pukul 07.28 wib, sehingga terjadi trip atau padam pada penghantar Tambun-Bekasi.

General Manager PLN UIT JBB, Erwin Ansori menyampaikan, gangguan akibat putusnya kabel jaringan SUTET ini tidak menimbulkan padamnya aliran listrik dari sisi pelanggan atau masyarakat, berkat adanya mitigasi yang tepat dari PLN.

“PLN telah menyiapkan jalur mitigasi yaitu dengan sistem looping. Looping jaringan dari Tambun-Muaratawar-Cawang-Bekasi,” ucap Erwin Ansory.

Lebih lanjut, dengan adanya sistem looping ini, sehingga gangguan yang terjadi tidak berimbas padam sampaiĀ  ke pelanggan.

“Kami sudah melakukan recovery pada tower tersebut dengan melakukan pemasangan klem dan spacer. Adapun kendala yang dihadapi dalam proses recovery adalah cuaca yang kurang mendukung, angin cukup kencang cukup memberikan tantangan pada saat proses recovery,” terangnya.

Setelah dilakukan koordinasi dengan PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UI P2B), per hari ini Rabu 7 April 2021 pukulĀ  jaringan SUTET Tambun – Bekasi ditargetkan dapat normal kembali. (rd/tul)

 

Jurnalis: Lutviatul Fauziah

Editor: M. Agung HR