Tedi Setiadi Program JKN KIS
TERBANTU: Seorang warga Kota Depok, Tedi Setiadi menunjukkan kartu JKN-KIS. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai program strategis nasional, Program JKN-KIS terbukti sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Program JKN-KIS terus membantu masyarakat dengan memberikan akses yang lebih baik dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Salah satunya kepada Tedi Setiadi, seorang warga Kota Depok.

Tedi pun tidak segan berbagi kisahnya seputar Program JKN-KIS. Tedi mengungkapkan bahwa ia telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak awal program tersebut diluncurkan. Sejak saat itu pula hingga saat ini, Tedi telah puluhan kali terbantu untuk berobat oleh Program JKN-KIS.

“Saya lupa pastinya berapa tapi kurang lebih sudah 12 kali saya menggunakan Kartu JKN-KIS saya untuk berobat. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang kronis. Baik itu di klinik maupun di rumah sakit,” ujar Tedi, Jumat (26/2).

Tedi mengungkapkan bahwa sebagai seorang buruh, risiko kesehatan terganggu sangatlah besar. Tidak heran, jika ia sampai harus berkali-kali jatuh sakit dan berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Untuk itu, ia sangat bersyukur bahwa Program JKN-KIS hadir dan membantu dirinya serta masyarakat lainnya yang selama ini sulit mengakses pelayanan kesehatan di rumah sakit akibat biaya pengobatan yang begitu mahal.

“Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya saya jika harus membayar biaya pengobatan yang begitu mahal sampai puluhan kali sejak tahun 2014. Kondisi finansial keluarga saya pasti terganggu. Untuk itu saya sangat bersyukur dengan kehadiran Program JKN-KIS,” ujar Tedi.

Tedi juga mengungkapkan bahwa berobat sebagai pasien JKN-KIS juga sama baiknya dengan berobat menggunakan asuransi kesehatan mahal. Dari pengalamannya berobat sebagai pasien JKN-KIS, ia dilayani sama seperti pasien lainnya yang membayar dengan biaya mahal. Tidak ada perbedaan pelayanan sama sekali yang ia rasakan. Jadi ia merasa nyaman berobat sebagai pasien JKN-KIS.

“Saya tidak pernah mengalami kendala saat berobat sebagai pasien JKN-KIS. Saya selalu dilayani dengan baik dan pengobatan saya juga berjalan dengan lancar. Bahkan selama pengobatan, saya juga tidak pernah dikenakan biaya. Semua biaya pengobatan saya dijamin dalam Program JKN-KIS,” tutup Tedi. (DT/mr)