sanlat sdn sukamaju 9
KEAGAMAAN : SDN Sukamaju 9 mengadakan kegiatan pesantren kilat (sanlat) di bulan Ramadan 1442 Hijriah. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Momen Bulan Ramadan 1442 Hijriah, SDN Sukamaju 9 memanfaatkannya dengan menggelar pesantren kilat (sanlat). Namun, karena masih dalam masa pandemi virus Korona (Covid-19), SDN yang berada di Perumahan Cimanggis Indah tersebut mengadakanya dengan cara virtual, yakni live di youtube.

Kepala SDN Sukamaju 9, Tutik mengatakan, kegiatan sanlat di sekolahnya diadakan selama tiga hari, yakni dari 19 – 21 April 2021. Semua siswa ikut serta dalam kegiatan tersebut, dimana ada 400 siswa yang menjadi pesertanya secara virtual.

“Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, tetap program sekolah harus berjalan. Jadi, sanlatnya diadakan secara virtual,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (19/04).

Tutik menjelaskan, selama tiga hari tersebut ada beberapa materi yang disampaikan ke siswa, dimana tiap harinya ada tiga materi yang disampaikan. Kegiatannya mulai dari pukul 07:30 sampai 10:15 WIB, dengan pemberi materinya adalah guru-guru SDN Sukamaju 9.

“Ada berbagai macam materi, tentunya yang berkaitan dengan bulan Ramadan. Misalnya keutamaan dan amalan di bulan Ramadan, dan ada juga tentang puasa, salat tarawih dan zakat. Setiap hari sanlat dimulai dengan kegiatan salat duha terlebih dulu,” katanya.

Tutik berharap, dengan adanya kegiatan sanlat ini, siswa bisa lebih memahami tentang bulan Ramadan, dan bisa menjalani dengan baik dan lancar. Selain itu, dengan adanya kegiatan sanlat juga bisa mengisi kegiatan siswa selama puasa di bulan Ramadan.

“Meski dijalankan secara virtual, kegiatan sanlat bisa tetap bermanfaat untuk siswa dan memotivasi siswa untuk lebih mencintai agamanya,” jelasnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya