Beranda Metropolis Tips Berpuasa Bagi Penderita TBC

Tips Berpuasa Bagi Penderita TBC

0
Tips Berpuasa Bagi Penderita TBC
SOSIALISASI: Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita setelah selesai memberikan sosialisasi kepada Faskes terkait puasa bagi penderita TBC melalui Zoom, di ruang kerjanya, Senin (19/4). FOTO: PUTRI DISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memberikan beberapa masukan dan saran kepada penderita Tuberkulosis (TBC) dalam berpuasa di bulan Ramadan.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, walaupun penderita TBC harus mengonsumsi obat secara rutin, para penderita TBC tetap diperbolehkan berpuasa.

“Boleh berpuasa, yang penting makannya diatur,” tutur Novarita kepada Radar Depok, selesai melakukan sosialisasi kepada Fasilitas Kesehatan (Faskes) melalui Zoom, Senin (19/4).

Novarita menjelaskan, saat berpuasa para penderita TBC harus bisa mengatur makannya. Di antaranya, mengatur tinggi kalori dan protein agar seimbang.

“Harus ada karbohidrat yang bisa diisi oleh nasi atau umbi-umbian, protein hewani dari daging, ayam, ikan, dan telur,” jelasnya.

Nabati bisa diambil dari tahu, tempe, susu, kedelai, dan lainnya yang mengandung serat. Kemudian, terkait pengolahannya, disarankan tidak menggunakan minyak yang banyak.

“Kemudian memasaknya juga jangan suhu yang tinggi, serta tidak perlu menggunakan santan yang kental,” lanjutnya.

Para penderita TBC juga tetap harus mengonsumsi obat secara teratur, sesuai dosis yang telah diberikan oleh dokter. Apabila mengosumsi obat satu hari tiga kali, para penderita TBC bisa mengonsumsi obat setelah berbuka puasa.

“Minum obatnya harus diatur, bisa sesudah buka puasa, sebelum tidur, dan saat sahur. Yang penting tetap mengonsumsi obat, agar pengobatannya tidak kembali ke awal lagi,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR