Beranda Satelit Depok Warga Cinangka Keluhkan Sampah Kedaung

Warga Cinangka Keluhkan Sampah Kedaung

0
Warga Cinangka Keluhkan Sampah Kedaung
MENGGUNUNG: Penampakan sampah di jembatan Jalan Pahlawan, RW7 Kedaung. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CINANGKA – Warga Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, mengeluhkan keberadaan sampah di atas jembatan yang ada di Pahlawan.

Pasalnya sampah tersebut membuat lingkungan disana menjadi tercemar dan bau. Padahal, wilayah keberadaan sampah berada di Kelurahan Kedaung yang menjadi pintu masuk wilayah Kelurahan Cinangka.

Warga RT1/9 Cinangka, Abdurrahman mengatakan, sampah itu sudah sering hinggap di jembatan tersebut. Selain bau, sampah tersebut membuat pemandangan menjadi kumuh.

Sampahnya udah dua minggu ini menumpuk, belum ada yang ngebrsihin sama sekali,” ucap Abdur, Selasa (15/4).

Dia mengungkapkan, sampah itu biasanya baru diangkat petugsa kalau ada laporan dari warga setempat. Akan tetapi, mereka tidak terima jika di kawasan tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah sementara.

Ini kan pintu masuk wilayah pengasinan, masak dikepung sampah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW9 Cinangka, Abdul Syukur membenarkan jika posisi tumpukan sampah berada di RW7 Kedaung, meskipun Jalan Pahlawan itu menjadi akses utama menuju wilayah Kelurahan Cinangka.

Jadi jalan ini terbagi dua, kalau sebelah kiri yang ada sampahnya itu wilayah RW7 Kedaung, sedangkan yang sebelah kananya itu yang tidak ada sampah masuk kami RW9 Cinangka,” katanya.

Ia menjelaskan, sampah itu memang rutin dibuang di atas jembatan. Akan tetapi, setiap minggunya petugas DLHK akan mengangkuti sampah tersebut. Kalau sampah menumpuk, kami akan melaporkan ke grup WA untuk diangkut petugas,” bebernya.

Dia juga mengaku tak habis fikir kenapa sampah itu dibiarkan menggunung disana. Padahal, Depok merupakan kota peraih Adipura. Maka dari itu sepatutnya kebersihan harus dijaga sebaik mungkin.

Kalau saya jadi RW di situ, saya akan tugaskan orang selama satu minggu untuk jaga di sana. kalau ada yang kedapatan buang sampah di sana, KTPnya ditahan untuk pertanggungjawaban,” imbuhnya.

Dia berharap, seluruh pihak yang bertanggungjawab atas keberadaan sampah di sana harus membuat tindakan tegas. Sebab, keberadaan sampah tersebut juga berdampak pada tercemarnya nama wilayah Kelurahan Cinangka, karena masih banyak orang yang mengira sampah itu berada di wilayah Kelurahan Cinangka.

Tolong DLHK segera mengangkat sampahnya biar gak mencemari lingkungan, kalau bisa dilarang lah buang sampah di sana,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro