Tas Swab Antigen Pemudik Arus Balik
TES ANTIGEN: Petugas kesehatan sedang melakukam pemeriksaan swab antigen kepada pemudik pada arus balik mudik Lebaran, di Pos Cilangkap dan Bojongsari. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemeriksaan tes swab antigen untuk pemudik arus balik Lebaran diperpanjang. Sebelumnya akan berakhir pada Senin (24/5), kini menjadi Senin (31/5). Hingga saat ini, tercatat sudah ada 20 pemudik yang dinyatakan reaktif dari hasil pemeriksaan tersebut.

Wakasat Lantas Polres Metro Depok, AKP Reza Hafiz Gumilang menjelaskan, sejak Minggu (16/5) sampai Kamis (27/5) pukul 14.00 WIB sudah 4.358 orang yang dilakukan pemeriksaan antigen.

“Data tersebut berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan di pos Cilangkap dan Bojongsari,” ucap AKP Reza kepada Radar Depok, Kamis (27/5).

Reza menyebutkan, hingga hari ini sudah ada 20 orang yang dinyatakan reaktif, dan selebihnya non-reaktif. “Untuk yang reaktif dirujuk ke RS terdekat, sesuai dengan domisili masing-masing untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita menjelaskan perpanjangan pemeriksaan swab antigen untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Karena memang, pada (26/5) ada tanggal merah dalam memperingati Hari Waisak, maka di khawatirkan masyarakat bepergian cukup jauh,” jelasnya.

Dia pun mengatakan, setelah Idul Fitri dan pelaksanaan mudik di Kota Depok masih terbilang aman untuk peningkatan kasus Covid-19. “Tetapi ini belum berakhir, pelaksanaan masih dilakukan hingga akhir bulan ini. Nanti baru akan bisa dilihat bagaimana peningkatan setelah lebaran,” tandasnya. (rd/tul)

Jurnalis: Lutviatul Fauziah

Editor: M. Agung HR