septictank
SAMBANGI : Petugas Sanitarian UPTD Puskesmas Mampang mendatangi rumah warga dalam verifikasi ODF. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, MAMPANG – UPTD Puskesmas Mampang melakukan verifikasi Open Defecation Free (ODF) ke rumah warga. Hasilnya, ditemukan 38 rumah di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas, yang belum memiliki septictank.

Sanitarian UPTD Puskesmas Mampang, Prita Wahyuni mengatakan permasalahan odf di Kelurahan Mampang sudah selesai 99.4 persen dari 6735 KK, dan hanya sebagian kecil saja yang belum terselesaikan.

“Belum lama ini, kami telah melakukan verifikasi door to door. Hasilnya, ada 38 rumah yang belum layak odf atau memiliki septictank,” katanya kepada Radar Depok, Selasa (4/5).

Dirinya menambahkan, 38 rumah itu berasal dari lima Rukun Warga (RW). Yaitu RW1, RW2, RW3, RW4, dan RW6. Untuk rencana tindak lanjut (RTJ), pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Depok bagian Kesehatan Lingkungkungan, serta kelurahan.

“RW1 ada tiga kasus, RW2 ada 23, RW3 ada lima, RW 4 ada tiga, dan RW6 ada 4. Rata-rata pemukiman warga yang dipinggir kali maupun dekat comberan atau empang,” bebernya.

Terdapat 10 indikator penilaian pada saat verifikasi odf, meliputi fungsi jamban baik dan benar untuk Buang Air Besar (BAB), digunakan untuk membuang kotoran bayi, kloset dibuat dengan baik dan aman, sumur penampung kotoran dibuat sesuai jarak aman lebih dari 10 meter dan tidak mencemari sumber air, dan lainnya.

“Termasuk tidak adanya feses di lantai atau dinding atau dudukan, serta tersedia air dan sabun di jamban atau sekitarnya,” tutupnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro