ciri orang jenius

RADARDEPOK.COM – Seseorang kerap tak menyadari bahwa dirinya adalah seseorang yang cerdas, sehingga masih banyak orang cerdas yang ternyata meremehkan diri sendiri.

Yang disebut cerdas merupakan sebutan yang biasa digunakan untuk seseorang yang memiliki IQ tinggi, sehingga kerap dianggap memiliki kemampuan untuk memahami informasi yang tinggi.

Serta memiliki kapasitas untuk logika, pemahaman, kesadaran diri, kreativitas, dan memiliki kemampuan untuk belajar memecahkan masalah.

Namun ternyata, berdasarkan beberapa penelitian, orang yang cerdas dan memiliki IQ tinggi umumnya memiliki tanda dan ciri kepribadian unik yang belum banyak diketahui.

Berikut ini 6 kepribadian unik yang dimililiki orang cerdas dan ber-IQ tinggi.

1. Berani Mengambil Risiko

Sebuah studi baru-baru ini yang diselesaikan di Finlandia menemukan bahwa individu yang terbuka terhadap tantangan baru dan tidak takut mengambil risiko cenderung lebih cerdas .

Studi ini menggunakan simulasi mengemudi, dan mereka menemukan bahwa peserta yang membuat keputusan berisiko selama tes memiliki lebih banyak materi otak putih – area otak yang terkait dengan fungsi kognitif atau menunjukkan IQ yang tinggi.

2. Hobi Mengumpat dan Memaki

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Studi Bahasa menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan mengumpat dan memaki ternyata merupakan orang memiliki kosakata yang lebih banyak.

Hal tersebut ternyata berkaitan dan mencari ciri seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi daripada mereka yang tidak.

3. Malas

Sebuah studi dari Florida Gulf Coast University menemukan bahwa orang yang lebih cerdas ternyata justru memiliki karakter atau kepribadian yang lebih malas karena mereka memiliki rentang perhatian yang panjang.

Orang berotak besar (ber-IQ tinggi) tidak harus terus-menerus melakukan sesuatu; mereka biasanya senang menghabiskan banyak waktunya untuk duduk dan berpikir saat otak mereka semakin besar.

4. Kecemasan

Sebuah studi di SUNY Downstate Medical Center di New York menemukan bahwa orang yang memiliki kecemasan tinggi memiliki IQ lebih tinggi daripada mereka yang tidak menderita kecemasan.

Seseorang yang ber-IQ tinggi ternyata memang memiliki kepribadian unik dengan terus-menerus merasakan khawatir dan memikirkan berbagai hal yang terjadi dalam kehidupannya.

Namun siapa sangka, orang-orang yang menderita kecemasan ternyata merupakan orang-orang ini sangat pandai dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan penalaran abstrak.

5. Menjadi Pecinta Kucing

Seseorang yang cerdas ternyata mayoritas merupakan pecinta kucing.

Peneliti dari Carroll University sebelumnya diketahui menganalisis 600 peserta mahasiswa dan menemukan bahwa pecinta kucing mendapat skor lebih tinggi pada tes kecerdasan atau tes IQ daripada pecinta anjing. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya