pelatihan menjahit pancoranmas
MAJU : Pelatihan untuk UMKM menjahit yang diselenggarakan oleh Kelurahan Pancoranmas, Senin (31/05). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Kelurahan Pancoranmas bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Ayama mengadakan pelatihan menjahit bagi 50 anggota UMKM Mapan.

Camat Pancoranmas, Utang Wardaya mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna membangkitkan ekonomi kerakyatan, sehingga membuat usahanya menjadi berkembang. Karena, fashion merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

“Pelatihan menjahit dilakukan agar setiap usaha yang mereka dilakukan bisa berkembang dan mampu bersaing. Tentunya sangat mengapresiasi Kelurahan Pancoranmas yang menjadi pionir sebagai kelurahan pertama untuk mengadakan pelatihan di tahun ini,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (31/05).

Sementara itu, Lurah Pancoranmas Suganda menuturkan, ada 50 orang terdiri dari anggota UMKM Mapan Kelurahan Pancoranmas yang telah lolos seleksi untuk ambil bagian belajar menjahit di BLK Ayama.

Seleksi tersebut diantaranya memiliki KTP domisili di wilayah Kelurahan Pancoranmas dan batas usia maksimal 50 tahun.

“Dari 50 peserta itu, kami bagi setiap harinya 17 peserta. Setiap peserta kami berikan bahan praktek dengan perlengkapan menjahit, dan alat tulis,” ungkapnya.

Kata Suganda, dari pelatihan ini, UMKM diharapkan mampu mengembangkan variasi  dengan ide-ide kreatif di bidang fashion. Jadi, jangan hanya berfokus kepada produk makanan lokal saja.

“Di tahun lalu, kami sudah adakan pelatihan pengolahan produk makanan lokal. Nah ini di variasikan dengan kegiatan menjahit sebagai bentuk dorongan pemerintah khususnya kelurahan dalam meningkatkan penguatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi,” tukasnya. (rd/daf) 

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya