RADARDEPOK.COM – Kucing oren atau kucing oranye terkadang tingkahnya yang lucu dan wajahnya jenaka bahkan kerap viral di jagat media sosial. Kucing oranye sendiri sebenarnya sudah mendunia melalui tokoh kartun Garfield yang menggemaskan.

Dilansir dari Catster, Senin (17/05), ada enam fakta menarik tentang kucing oren.

1. Apakah setiap kucing kucing oranye jantan?

Memang benar bahwa persentase kucing oranye yang lebih tinggi adalah pria, rasionya sebenarnya sekitar 80 persen pria dan 20 persen wanita.Dan ini bukan semacam keajaiban – ini genetika.

Kromosom X bertanggung jawab atas pewarnaan oranye. Wanita memiliki dua X dan pria memiliki XY. Oleh karena itu, kucing betina kucing oranye membutuhkan pejantan dan induk untuk mewariskan gen oranye. Tetapi laki-laki hanya membutuhkan gen oranye dari ibunya.

2. Hanya pola bulu, bukan ras

Pola pada bulu kucing oren memiliki ciri khas tersendiri. Namun kucing berwarna oranye ini sebenarnya bukanlah kucing merupakan ras. Ini hanyalah warna dari bulu kucing saja.

3. Arti huruf “M” di dahi kucing oranye

Salah satu tanda paling khas pada kucing kucing oranye adalah “M” di atas matanya. Ini terlihat di semua jenis tabbies, jadi bukan hanya kucing oranye yang memiliki hal unik ini.

Garis-garis tabby mungkin dominan karena sifat kamuflase mereka, jadi kemungkinan besar tanda tersebut membantu mereka bersembunyi di alam liar.

Namun, adanya tanda ini bergantung pada pilihan corak dari orang tua kucing oranye, yan gmungkin saja terjadi pada kucing modern atau tidak.

4. Suka mencari perhatian

Setiap kucing adalah individu, tetapi kucing oranye terkenal sebagai kucing yang suka mencari perhatian.

Kucing oren bahkan rela melakukan apa saja agar mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Inilah mengapa kelakuan kucing oranye seringkali menggemaskan dan jenaka.

5. Kucing oranye cenderung sering mengeong

National Geographic melaporkan bahwa kepribadian terkait dengan warna bulu kucing. Dan kucing oranye adalah kucing yang paling suka bermain. Kucing oranye juga merupakan kucing yang paling suka mendengkur dan mengeluarkan eongan khas.

6. Arti warna oranye

Psikologi warna bisa dibilang dimulai dengan Goethe. Tulisannya menegaskan bahwa merah-kuning dikaitkan dengan “kehangatan dan kegembiraan.” Dia juga mengklaim bahwa kuning-merah memiliki energi tertinggi.

Penemuan kontemporer termasuk bahwa oranye adalah warna petualangan, komunikasi sosial dan, ya, merangsang nafsu makan. Itulah mengapa kita bisa melihat korelasi dari arti warna dan bagaimana kepribadian dari kucing oranye ini. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya