gunung pangrango

RADARDEPOK.COM – Hawa sejuk merupakan salah satu yang paling dicari wisatawan dari perkotaan saat hendak berkunjung ke suatu tempat wisata. Selain membuat fisik tidak cepat lelah saat berwisata, hawa sejuk juga dapat membuat seseorang lebih santai dan tenang.

Jika berdomisili di Jakarta, ada wisata lokal dengan mengunjungi gunung-gunung sekitar Ibu Kota untuk menikmati udara segar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut enam gunung dekat Jakarta yang masih ada di Jabodetabek :

1. Gunung Pangrango, Kabupaten Bogor

Gunung Pangrango merupakan salah satu dari dua gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bersama Gunung Gede.

Meski begitu, Gunung Gede tidak masuk dalam wilayah Jabodetabek lantaran lokasinya berada di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Sementara itu, Gunung Pangrango juga terletak di Kabupaten Bogor.

Jika tidak ingin mendaki, kamu bisa berkunjung ke Curug Cikaracak di kaki gunung tersebut yang lokasinya berada di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin.

Curug ini diapit oleh dua tebing yang memukai. Selain megahnya air terjun, pemandangan lain yang akan menyambutmu adalah sawah, sungai, dan kebun. Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng via tol Jagorawi adalah sekitar 76,1 kilometer (km) atau 1 jam 25 menit.

Tempat wisata tersebut buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 untuk parkir motor dan Rp 20.000 untuk parkir mobil.

Apabila ingin mendaki, kamu bisa lewat jalur pendakian via Gunung Putri jika ingin menikmati indahnya Alun-alun Surya Kencana dan berfoto dengan bungan edelweiss.

Tarif mendaki Gunung Pangrango adalah Rp 29.000 per orang pada hari kerja, Rp 34.000 pada hari libur, Rp 17.500 untuk pelajar pada hari kerja, dan Rp 20.500 untuk pelajar pada hari libur.

Bagi pelajar yang hendak mendaki, dalam satu grup harus terdiri dari sepuluh orang yang memegang kartu identitas pelajar atau mahasiswa.

2. Gunung Pancar, Kabupaten Bogor

gunung pancar

Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang atau yang lebih dikenal sebagai kawasan Sentul.

Taman Wisata Alam ini menawarkan beragam aktivitas menarik. Salah satunya adalah kegiatan selfie di sejumlah spot yang ada seperti hammock warna-warni dan rumah pohon.

Jika ingin santai menikmati segarnya udara pada ketinggian 300-800 mdpl, di sana terdapat area duduk yang bisa dimanfaatkan. Pihak pengelola juga menyediakan area kemah, serta paket outbond yang dapat dimanfaatkan.

Harga tiket masuk Gunung Pancar adalah Rp 5.000 per orang dengan tarif parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000 pada hari biasa. Pada hari libur, harga tiketnya adalah Rp 7.500 per orang dengan tarif parkir motor Rp 7.500 dan mobil Rp 15.000.

Tarif berkemah adalah Rp 200.000 per orang untuk minimal tiga orang. Harga sudah termasuk tenda, listrik di dalam tenda, lampu tembak luar ruangan, tiket masuk orang, dan kemah.

Untuk yang membawa tenda sendiri, tiket masuk orang dan izin lokasi kemah dipaketkan menjadi Rp 100.000 per orang.

Ingin trekking di tengah hutan pinus yang asri? Kamu juga bisa melakukannya dengan membayar biaya Rp 150.000 per orang untuk minimal empat orang. Nominal tersebut sudah mencakup pemandu, air mineral, dan tiket masuk.

Kamu juga bisa memilih durasi trekking antara 30 menit, 60 menit, atau 90 menit. Jarak dari Jakarta area Menteng via tol Jagorawi adalah sekitar 57,9 kilometer atau 1 jam 2 menit.

3. Gunung Munara, Kabupaten Bogor

gunung munara

Gunung Munara terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin. Si “mungil” ini hanya memiliki ketinggian sekitar 360 mdpl.

Meski tingginya tidak seberapa, orang-orang menyebutnya sebagai “kecil-kecil cabe rawit” karena medan yang cukup menantang. Dengan durasi mendaki sekitar 1,5 jam, kamu akan melintasi medan yang berbatu dengan pemandangan sungai dan perkebunan warga.

Saat memulai perjalanan, medan terbilang cukup landai. Namun setelah beberapa waktu mendaki, medan akan semakin terjal. Kamu tidak perlu khawatir karena di sana sudah tersedia tali tambang untuk digunakan.

Setibanya di puncak gunung, kamu akan disuguhi pemandangan pemukikan warga, deretan tebing di sekitarnya, serta hamparan sawah.

Harga tiket masuk Gunung Munara adalah Rp 10.000 per orang dengan tarif parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

Jarak dari Jakarta area Menteng adalah sekitar 63 kmr atau 1 jam 33 menit via tol Jakarta-Serpong melewati kawasan BSD Tangerang.

4. Gunung Batu, Kabupaten Bogor

gunung batu

Gunung Batu terletak di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur. Jika ingin lebih familiar, kamu bisa bertanya kepada warga setempat tentang “Gunung Batu Jonggol” karena lokasinya dekat kecamatan tersebut.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 875 meter dari permukaan laut (mdpl). Meski disebut sebagai Gunung Batu, sebagian mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan Bukit Batu.

Tempat wisata ini dapat didaki dengan mudah oleh wisatawan karena tidak terlalu tinggi. Namun, ada baiknya hanya yang terbiasa mendaki yang berkunjung karena jalurnya cukup menantang.

Sepanjang pendakian selama 90 menitan, kamu akan disuguhi pemandangan hamparan pepohonan hijau saat melintasi jalur yang selebar sekitar dua meter. Saat menemui area datar, ada baiknya kamu istirahat sejenak karena tanjakan setelahnya akan menguras energi.

Apabila tidak biasa mendaki, tetapi tetap ingin ke Gunung Batu, kamu bisa piknik di kaki gunung sambil menikmati pemandangannya dan berswafoto ria. Harga tiket masuk Gunung Batu Jonggol adalah Rp 10.000 per orang.

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng menuju Gunung Batu Jonggol adalah sekitar 67,8 km atau sekitar 2 jam 2 menit via tol Jagorawi melewati Taman Mini Indonesia Indah.

5. Gunung Halimun dan Gunung Salak, Kabupaten Bogor

gunung salak

Gunung Halimun merupakan salah satu dari dua gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) bersama Gunung Salak.

Gunung Halimun berlokasi di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Lebak. Sementara Gunung Salak terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Kawasan TNGHS memiliki beragam pilihan wisata non-pendakian.

Salah satunya adalah kawasan Cikaniki di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Jalan Cikaniki, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung. Di kawasan tersebut, kamu bisa coba trekking menyusuri kawasan hutan tropis lewat Cikaniki Loop Trail sepanjang dua km.

Jika beruntung, kamu dapat melihat beberapa satwa unik saat trekking di jalur tersebut seperti owa jawa, lutung, dan elang Jawa.

Di sana juga terdapat jembatan pohon sepanjang 60 meter yang bisa kamu manfaatkan untuk mengamati kehidupan liar atau berswafoto ria. Apabila ingin bermain air, kamu bisa berkunjung ke Curug Cimacan dan Sungai Cikaniki.

Harga tiket masuk kawasan TNGHS adalah Rp 5.000 per orang pada hari biasa dan Rp 7.500 pada hari libur. Untuk informasi lain terkait harga tiket dan kegiatan yang hendak dilakukan, kamu bisa mengakses laman http://etiketing.btnghs.menlhk.go.id/.

Jarak dari Jakarta area Menteng menuju kawasan Cikaniki adalah sekitar 118 kilometer atau 4 jam 11 menit via tol Jagorawi. Jika belum terbiasa menyetir dengan jarak yang cukup jauh, kamu bisa berkunjung ke Curug Nangka, Curug Kaung, dan Curug Daun yang masih berada dalam satu kawasan di Desa Sukajadi, Kecamatan Ciapus.

Ada juga kawasan Sukamantri di Desa Sukamantri, Kecamatan Taman Sari yang menyediakan kegiatan jelajah hutan, serta tempat wisata Air Terjun Suryakencana.

Jarak menuju kawasan Curug Nangka adalah sekitar 69,2 km atau 1 jam 40 menit. Sementara jarak menuju Sukamantri adalah sekitar 63 km atau 1 jam 18 menit via tol Jagorawi. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya