Beranda Metropolis 99 Persen Masyarakat Puas Pelayanan Imigrasi

99 Persen Masyarakat Puas Pelayanan Imigrasi

0
99 Persen Masyarakat Puas Pelayanan Imigrasi
KEPERCAYAAN MENINGKAT: Petugas Imigrasi Depok saat memberikan pelayanan kepada salah satu masyarakat di ruang pelayanan Kantor Imigrasi Depok. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Indeks kepuasan masyarakat akan kinerja dan pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok meningkat sekitar dua persen menjadi 99,13 persen. Kepuasan tersebut setelah Imigrasi melakukan survei selama April 2021.

Kasubag Informasi Imigrasi Kota Depok, Yuris Setiawan menerangkan, survei secara rutin di gelar setiap bulannya, hal ini untuk menjadi acuan Imigrasi terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, baik WNI maupun WNA.

“Alhamdulillah naik pada Maret ini menjadi 99,13 persen. Sebelumnya di April menyentuh angka 97,19 persen,” terang Yuris kepada Radar Depok, Kamis (6/5).

Sepanjang tahun 2021 indeks kepuasan masyarakat, pada Januari 98,73 persen, Februari juga 98,73 persen, Maret 97,19 persen, dan April 99,13 persen. Imigrasi mengambil responden sebanyak 30 orang.

“Jadi setiap hari satu orang yang datang pelayanan kami minta untuk isi survey. Sampai akhir bulan, nanti baru kami hitung. Semua bulan akreditasinya A, berati baik,” katanya.

Tak hanya soal Indeks kepuasan, Imigrasi juga melakukan survey soal Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang menunjukan persentasi 99,50 persen, yang akreditasinya juga A. Hasil tersebut menyatakan Imigrasi masih dipercaya masyarakat dalam hal Antikorupsi.

Yuris menerangkan, kenaikan kepuasan masyarakat memang semakin meningkat, hal ini karena Imigrasi terus melakukan jemput bola untuk sosialisasi pelayanan, seperti program easy passport, sosialisasi melalui media sosial. “Ternyata program itu sangat efektif untuk meningkatkan kepuasan masyarakat akan pelayanan Imigrasi,” tandas Yuris.

Adapun beberapa pertanyaan yang diberi Imigrasi kepada masyarakat, seperti keramahan petugas,  kemudahan dalam mengakses, Petugas Pelayanan, Pelayanan cepat dan Responsive. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR