Beranda Satelit Depok Angka Pernikahan di Pancoranmas Melonjak

Angka Pernikahan di Pancoranmas Melonjak

0
Angka Pernikahan di Pancoranmas Melonjak
ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Pernikahan menjadi suatu fase penting dalam kehidupan. Kantor Urusan Agama wilayah Kecamatan Pancoranmas, mengaku terdapat lonjakan angka pernikahan di Kuartal I/2021 dibanding tahun sebelumnya.

Kepala KUA Kecamatan Pancoranmas, Muhammad mengatakan, peningkatan angka pernikahan ini terjadi lantaran akad dan resepsi sudah diperbolehkan dilaksanakan pada hari yang sama. Tetapi, harus menerapkan protokol kesehatan.

“Di tahun lalu, pernikahan yang diurus oleh KUA Kecamatan Pancoranmas hanya 92 saja. Dan di tahun ini terjadi peningkatan sekitar lebih dari 50 persen,” katanya kepada Radar Depok, Minggu (9/5).

Dia menambahkan, prosesi akad pernikahan itu terjadi di dua lokasi. Bisa di kantor maupun di luar kantor. pada bulan Januari 2021, sebanyak 78 pasangan melangsungkan pernikahan. Dan Februari, ada 126 pasangan. “Maret 204 pasangan, dan April 64 pasangan. Jadi total sementara, 494 pernikahan yang kami urus,” bebernya.

Untuk diketahui, pernikahan di semua KUA selama hari dan jam pelayanan tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Bila diluar kantor dan diluar hari/jam pelayanan akan dikenakan biaya.

Kalau nikah disini selama jam/hari pelayanan gratis. Kalau diluar itu bayar Rp600 ribu,” terangnya.

Pernikahan yang dilangsungkan di kantor harus mengenakan protokol kesehatan seperti masker, face shield dan sarung tangan, serta maksimal 10 orang, di ruangan demi menghindari berkumpulnya massa.

Nikah disini harus mematuhi protokol kesehatan, maksimal orang yang hadir 10 orang, guna menghindari penyebaran Covid-19,” tutupnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro