Beranda Metropolis ASN Depok Skrining Kesehatan

ASN Depok Skrining Kesehatan

0
ASN Depok Skrining Kesehatan
CEK KESEHATAN: Salah satu warga Kota Depok saat melakukan skrining kesehatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Depok, di Balaikota Depok, Jumat (7/5). FOTO: PUTRI DISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar skrining kesehatan gratis faktor risiko penyakit menular dan tidak menular di Gedung Dibaleka II Lantai 1, Balaikota Depok, yang berguna untuk informasi kesehatan masyarakat dan ASN Depok. Dalam tiga hari, tercatat sudah ada sebanyak 330 orang yang ikut skrining kesehatan.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, skrining kesehatan ini ditujukan bagi ASN dan warga Kota Depok yang ada di lingkungan Balaikota.

“Kami lakukan skrining kesehatan tidak hanya untuk ASN, tapi juga untuk warga agar mengetahui status kesehatannya,” tutur Umi kepada Radar Depok, Jumat (7/5).

Umi menjelaskan, skrining yang dilakukan berupa tensi darah, indeks masa tubuh, gula darah, pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan lingkar perut untuk mengetahui obesitas sentral.

“Dalam pemeriksaan, kami juga ada pemeriksaan penyakit menular. Yaitu, Voluntari Counselling dan Testing (VCT) HIV dan Sifilis,” bebernya.

Lanjutnya, bagi ASN maupun warga yang sudah melakukan skrining, dan memiliki hasil di atas normal, maka akan diberikan konseling dari petugas kesehatan. Yang kemudian akan dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) guna penanganan lebih lanjut.

“Untuk hasil skrining di atas normal akan kami berikan rujukan ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan secara intens,” sambungnya.

Terpisah, salah satu warga yang mengikuti layanan skrining kesehatan, Dewi Syafitri mengaku, dirinya merasa senang dengan keberadaan pelayanan cek kesehatan gratis yang ada di Pemkot Depok.

“Saya sebelumnya tidak tahu ada pelayanan kesehatan ini. Tapi kebetulan pas kesini ada skirining kesehatan gratis, saya tertarik ikut untuk mengetahui kesahatan diri saya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, skrining kesehatan kali ini dilakukan selama tiga hari, yang dimulai dari hari Rabu (5/5) sampai Jumat (7/5). Dan memiliki empat meja yang merupakan tahapan-tahapan dari skrining kesehatan. Meja pertama tengang pendaftaran tensi darah dan data, meja kedua pengecekkan kolesterol gula darah, meja ketiga tes HIV, dan meja keempat terkait pencatatan data dan riwayat penyakit. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR