Beranda Utama Bader Sih, 17 Kendaraan yang Mau Mudik Diputar Balik

Bader Sih, 17 Kendaraan yang Mau Mudik Diputar Balik

0
Bader Sih, 17 Kendaraan yang Mau Mudik Diputar Balik
PERIKSA : TNI dan Polisi di Cek Poin SPBU Cilangkap sedang memeriksa para pengendara yang melintas, Kamis (6/5). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Masyarakat Depok yang ngotot pulang kampung alias mudik, benar-benar tidak bisa bekutik. Di hari pertama penyekatan Kamis (6/5), diketahui ada 17 kendaraan yang dipaksa putar balik. Umumnya, kendaraan yang diputar balik pemotor dan mobil pribadi. Belasan kendara yang diputar balik pun didominasi dari cek poin Bojongsari.

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar mengatakan, tim gabungan melakukan penyekatan di sejumlah titik, salah satunya di Jalan Raya Ciputat-Parung, Bojongsari. Menurutnya, titik tersebut merupakan jalur alternatif yang banyak digunakan pemudik dari dan menuju Bogor.  “Kami melakukan sterilisasi pemudik karena tidak jauh dari lokasi ini terdapat penjagaan dari wilayah Bogor melakukan penyekatan,” ujar Imran, Kamis (6/5).

Imran menjelaskan, terdapat sejumlah wilayah yang masuk dalam kategori aglomerasi, seperti Depok, Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dilakukan penanganan khusus. Imran mencontohkan, saat dilakukan pemeriksaan, pengendara berdomisili wilayah Bogor akan diperbolehkan. “Namun apabila pengendara yang melintas berdomisili dari Jawa Tengah, kita langsung putar balik,” terang Imran.

Menurutnya, dari penyekatan pagi hari telah ditemukan sejumlah pengendara sepeda motor yang melakukan perjalanan mudik. Para pemudik yang melintas memiliki tujuan sejumlah kota di Jawa Tengah, sehingga dipaksa putar balik ke daerah asal. “Pagi tadi sebanyak 17 kendaraan kita putar balik karena tujuannya di luar daerah aglomerasi,” ucap Imran.

Kasat lantas Polresto Depok, AKBP Andi Indra Waspada mengatakan, dihari pertama ditemukan masyarakat yang akan mudik, namun jumlahnya belum terlalu banyak. Saat penyekatan pihaknya bersama tim gabungan diterjunkan sebanyak 117 personel.  “Di hari pertama, untuk cek poin Bojongsari tercatat ada 17 pengendara yang harus kami beri arahan untuk putar balik,” ucapnya kepada Harian Radar Depok.

Sementara, Kasat Lantas Polsek Cimanggis, AKP Sulani mengatakan, selama dua hari ini di Cek Poin Cibubur dan SPBU Cilangkap, belum ditemukan adanya masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik.  “Sejauh ini, belum ada yang kami instruksikan untuk putar balik. Tetapi, tidak menutup kemungkinan semakin mendekati hari raya akan ada masyarakat yang nekat melakukan perjalanan mudik,” terangnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan saat ini para pekerja belum libur, sehingga memang belum ditemukan masyarakat yang mudik. Dan diprediksi minggu depan (Senin,17/5) masyarakat baru akan mudik. “Lagi pula masyarakat tetap punya cara, ada juga yang melakukan perjalanan sebelum dilakukan penyekatan dengan ketat,” tuturnya.

Sulani menerangkan, seluruh kendaraan yang melintas di Cek Poin SPBU Cilangkap dilakukan pemeriksaan. Terutama, mobil pribadi yang bermuatan banyak dan membawa barang yang cukup banyak.  “Karena dikhawatirkan, ada travel gelap yang tetap nekat membawa penumpang hingga ke luar kota,” jelasnya. (rd/tul)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah 

Editor : Fahmi Akbar