wc umum dibongkar
BERSIH : Pembongkaran tiga WC umum yang berada tepat di atas aliran, RT9/3 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Selasa (18/5). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tiga WC umum yang berada tepat diatas aliran kali, RT9/3, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas dibongkar.

Warga disana merasa tak perlu lagi ada WC umum, lantaran kini setiap rumah sudah terpasang septictank.

Ketua RW3 Depok, Djuhri menjelaskan, WC yang sudah ada sejak 1995 ini, biasanya dimanfaatkan oleh warga sekitar.

“saat itu warga sekitar banyak yang belum memiliki tempat untuk Mandi Cuci Kakus (MCK) di rumahnya. Tetapi belakangan ini sudah jarang digunakan,” ucapnya kepada Radar Depok, Selasa (18/5).

Dia menambahkan, setelah WC umum itu dibongkar, dirinya berkoordinasi dengan pengurus RT setempat, untuk memastikan tidak ada lagi warga yang mendirikan fasilitas umum serupa.

“Kami pastikan, warga tidak akan mendirikan wc umum lagi di lokasi itu,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok, Dudi Miraz menuturkan sejak 2017, pihaknya secara masif memfasilitasi pembuatan septictank individual di wilayah Kelurahan Depok dalam menyukseskan program pemerintah yakni Open Defecation Free (ODF)

“Saya sangat mengapresiasi inisiasi masyarakat setempat dengan membongkar bangunan wc umum ini, yang menjunjung tinggi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHS) dengan tidak lagi membuang air besar sembarangan ke aliran Kali,” ungkapnya.

Diketahui, di Kelurahan Depok, pada 2017 sebanyak 59 rumah dibuatkan septictank. Lalu 2018, ada 10 titik, 2019 ada 22 titik, dan 2020 sebanyak 123 titik. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro