BPJS Ketenagakerjaan May Day Serahkan Sembako ke Pekerja
BERBAGI: BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) menyalurkan paket sembako kepada pekerja. Kegiatan ini merupakan sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Ketenagakerjaan RI pada peringatan May Day tahun 2021. Tampak hadir Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono. FOTO: BPJAMSOSTEK FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK — BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Depok menyalurkan paket sembako kepada pekerja, pada Jumat (30/4) di Tiptop Supermarket Depok. Kegiatan ini merupakan sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Ketenagakerjaan RI pada peringatan May Day tahun 2021.

Dalam giat tersebut turut hadir Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Manto Djorgi, Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Depok, Rizal Dariakusumah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Depok, Wido Pratikno, Ketua Aspindo Kota Depok, Muhammad Wahyu Isnaini, dan Ketua Aspek Kota Depok, Hary Defiansyah.

Pada kegiatan itu Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Depok, Rizal Dariakusumah mengatakan, paket sembako itu diberikan sebagai salah satu bentuk kepedulian BPJamsostek kepada para pekerja, serta sebagai salah satu bentuk dukungan dalam meningkatkan hubungan dengan pekerja melalui serikat pekerja (SP).

“Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia sebagai bentuk sinergi BPJS ketenagakerjaan dan Kementrian Ketenagakerjaan RI. Penyerahan paket sembako ini dilakukan di wilayah masing-masing dengan jumlah paket yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan di daerah,” ungkap Rizal.

Rizal menambahkan bahwa BPJamsostek Kantor Cabang Depok menyalurkan 400 paket sembako kepada pekerja, dan penyerahan paket tersebut dilakukan bertepatan pada Hari Buruh Sabtu 1 Mei 2021 di kantor cabang melalui perwakilan SP.

“Kami memberikan 400 paket sembako. Semoga paket sembako ini dapat berguna bagi para buruh di Kota Depok yang membutuhkan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat kerjasama antar lembaga pemerintah, perusahaan, dan serikat pekerja,” terang Rizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Manto Djorgi, mengapresiasi atas dilakukannya kegiatan peringatan Hari Buruh tersebut.

Senada, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengutarakan bahwa peringatan Hari Buruh Internasional 2021 tidak ada pergerakan massa ataupun demo unjuk rasa oleh para buruh. Hal ini dikatakan Imam sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, agar kekhawatiran adanya klaster baru pasca unjuk rasa tidak terjadi khususnya di Kota Depok.

“Kita sudah sepakat dengan para ketua buruh di Kota Depok, tidak ada demo peringatan buruh hari ini tidak ada demo ke jalan,” papar Imam.

Ketiadaan demo tahun ini dikatakan Imam guna menghindari terjadinya penularan Covid-19, sehingga dalam perayaannya hanya berlangsung berupa doa bersama dan menyantuni anak yatim.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Depok, Wido Pratikno membenarkan tidak ada aksi massa buruh di Depok, pada Sabtu 1 Mei 2021.

“Hari ini justru kami peringati dengan cara berbuka puasa dan berbagi dengan anak yatim,” ujar Wido. (rd/gun)

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR