rapat ramadan sukmajaya
SOSIALISASI: Rapat Koordinasi antara Tiga Pilar Kecamatan Sukmajaya, dengan kelurahan dan pengurus lingkungan secara daring, Selasa (5/4). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Tiga Pilar Kecamatan Sukmajaya mengimbau masyarakat untuk tetap dirumah dan tidak pulang kampung di momen Idul Fitri atau lebaran tahun ini.

Hal tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomer 13 Tahun 2021 dan SE Nomer : 443/201.1-Huk/Satgas Covid-19 mengenai pengendalian mobilitas penduduk selama sebelum peniadaan mudik, masa peniadaan mudik, dan pasca peniadaan mudik.

Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi mengatakan, salah satu upaya tiga pilar dalam menekan mobilitas penduduk sebelum peniadaan, peniadaan, dan pasca peniadaan adalah melakukan sosialisasi dengan pihak kelurahan maupun pengurus lingkungan setempat untuk diteruskan kepada warga sekitar.

“Kami tiga pilar sudah mengimbau melalui grup WatsApp dan melakukan sosialisasi larangan mudik kepada RT/RW dan kelurahan. Karena dalam SE itu, intinya mudik tidak diperbolehkan,” katanya kepada Radar Depok, Selasa (4/5).

Dia menambahkan, fungsi pengawasan yang dimaksud adalah mengawasi aktivitas dan penerapan protokol kesehatan pengunjung di tempat wisata. Sementara pengendalian yaitu mengimbau masyarakat yang hendak mudik untuk mengurungkan niatnya, mengingat situasi masih dalam pandemi Covid-19.

Adapun, lanjut Tito, bagi warga Kota Depok khususnya Kecamatan Sukmajaya yang memiliki kepentingan mendesak untuk keluar kota pada masa larangan mudik lebaran 6 sampai 17 Mei 2021, harus mengantongi Surat Dispensasi Keluar Masuk (SDKM).

“Dispensasi SKDM dengan format sebagaimana terlampir dalam SE. Warga melapor dulu ke RT/RW, kemudian ditandatangi Lurah setempat,” tuturnya.

Sementara itu, Kanit Bhabinkamtibmas Polsek Sukmajaya, Iptu Syaefulah mengajak masyarakat untuk tetap dirumah dan tidak melaksanakan mudik guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Jangan sampai setelah mudik ini, malah nanti grafik masyarakat terkonfirmasi Covid-19 malah meningkat. Untuk persiapan mungkin kita akan membuat pos di Cilodong arah Bogor,” tutupnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya