insentif linmas
APEL : Petugas Linmas sedang mengikuti kegiatan apel di salah satu kelurahan di Kota Depok. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Menjadi seorang petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas), bukanlah pekerjaan mudah. Mereka memiliki peran penting dan tanggung jawab yang tinggi atas keamanan dan ketertiban di suatu wilayah.

Sayangnya, peran dan fungsi petugas Linmas ini tidak dibarengi dengan honor yang layak untuk resiko yang mereka tanggung dalam profesi mereka.

Salah satu petugas Linmas di Kecamatan Sawangan, Syafrudin mengatakan, dia dan rekan Linmas lainya di Depok, mendapatkan insentif dari Pemerintah Kota Depok sebesar Rp300 ribu/bulan.

Sebenarnya upah segitu kurang untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Kan sekarang ini apa-apa pada naik, saya harus puter otak buat cari tambahan pendapatan untuk hidupin keluarga saya,” katanya, Kamis (27/5).

Dia mengungkapkan, dari intensif sebesar Rp300 ribu tersebut, masih ada potongan pajak yang harus dibayarkan sebesar Rp20 ribu/bulan. Jadi bersihnya cuma Rp280 ribu/bulan.

Saya berharap uang insentif Linmas akan ditambah, karena uang yang diperoleh sekarang ini belum ideal,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, fungsi Linmas cukup banyak. Selain membantu menjaga kantor kelurahan, termasuk membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti saat terjadi bencana, acara perkawinan. Artinya sebagai petugas Linmas tidak tinggal diam. Dengan tugas yang dilaksanakan, sambung dia, berarti meringankan masyarakat yang membutuhkan.

Meski demikian, saya tetap mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemerintah Kota Depok yang sudah memberikan intensif untuk kami,” terangnya.

Terpisah, Kepala Seksi Perlindungan masyarakat (Linmas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Rizal Adhiansyah membenarkan jika anggota Linmas menerima insentif Rp300 ribu. Dari pendapatannya dipotong pajak sebesar Rp20 ribu.

Insentif tersebut diterima melalui rekening masing-masing, sehingga diterima secara langsung,” ucapnya.

Mengenai jumlah Linmas sekarang ini, lanjut dia, sebanyak 630 orang. Meraka menyebar di sejumlah kelurahan di wilayah Kota Depok. “Saat ini jumlah petugas Linmas di Depok sudah cukup ideal,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro