Rizki Apriwijaya
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya berbicara prokes covid-19. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK –Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya menilai,digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang terpuruk sejak pandemic Covid-19.

Rizki Apriwijaya menjelaskan, pemerintah berupaya untuk mengoptimalisasi potensi dan produktivitas UMKM dengan mendorong upaya digitalisasi atau on boarding. Tujuannya dalam rangka mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional yang didominasi oleh kalangan usaha kecil menengah.

“Pemerintah juga telah menginisiasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), di mana jutaan UMKM sudah onboarding berbagai platform e-commerce,” tutur Rizki Apriwijaya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini menuturkan, para kalangan UMKM itu akan diberikan stimulus seperti pelatihan, strategi promosi, dan penyaluran pinjaman dari bank himbara, serta penempatan dalam e-catalog pengadaan barang.

Tidak hanya itu, terkait pengembangan kompetensi SDM, pemerintah juga telah meluncurkan program Literasi Digital Nasional; Indonesia Makin Cakap Digital.

“Gerakan tersebut diharapkan dapat, mendorong berbagai inisiatif kerja-kerja konkret di tengah masyarakat, termasuk UMKM agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” ujarnya. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah