lokasi jatuh heli
SITUASI : Lokasi kecelakaan helikopter latih masuk Rawa Jemblung, RW 9 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Jumat (28/5). FOTO-FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Helikopter latih jenis Robinson R44 milik PT Genesa Dirgantara, jatuh di Situ Rawa Jemblung kawasan Buperta, RW9 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis Kota Depok, Jumat (28/5). Kapten Langang dan siswanya selamat. Sebelum jatuh, helikopter sempat berputar-putar tiga kali. Hingga kini, belum diketahui penyebab ambruknya helikopter ke situ.

Salah satu saksi mata, Arifin mengatakan, saat kejadian dia sedang memancing di Rawa Jemblung bersama dengan rekan-rekannya. Pesawat latih, terbang dari arah timur tiba-tiba merendah dan oleng ke kanan hingga akhirnya jatuh di Rawa Jemblung. “Jatuhnya tepat di depan saya dan teman-teman yang sedang memancing, kami langsung lari karena takut helinya meledak,” beber pria berusia 43 tahun ini.

Dia pun mengatakan, setelah helikopter terjatuh mesin masih dalam keadaan hidup dan beberapa menit kemudian langsung mati. “Dua orang yang ada di dalam helikopter pun, keluar menyelamatkan diri dengen berenang ketepi danau,” jelasnya.

Kapolsek Cimanggis, Kompol Ibrahim J sadjab menuturkan, helikopter yang jatuh saat latihan tersebut masih belum bisa diketahui penyebabnya secara pasti. “Kami juga masih menunggu keterangan dari berbagai pihak,” ucapnya kepada Radar Depok, Jumat (28/5).

Dia menyebutkan, untuk proses evakuasi masih menunggu pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Berdasarkan pantauan Radar Depok, sekitar pukul 16:40 WIB ada rombongan yang menaiki perahu naga dan mendekat ke lokasi kejadian, salah satunya mengenakan rompi hijau bertuliskan KNKT, namun belum bisa untuk dimintai keterangan. “Kami masih menunggu dari KNKT, dan belum dibisa diketahui secara pasti untuk jamnya. Kemungkinan akan dilakukan malam hari, untuk menghindari kemacetan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Babinsa Harjamukti, Pelda Asep Jamaludin menerangkan, helikopter tersebut landing sekitar pukul 09:00 WIB dari lapangan latihan Buperta Cibubur. “Helikopter berhasil mengudara dan berputar selama tiga kali. Saat putaran keempat helikopter lostcontac dan hilang pada pukul 09:30 WIB,” ucapnya.

Dia menyebutkan, 15 menit setelah kejadian dua orang tersebut berhasil dievakusi dalam kondisi selamat. Dan memang kawasan tersebut kerap kali dijadikan latihan. “Dua-duanya selamat, dan korban tidak ada luka-luka, sempat dilakukan pemeriksaan namun kini sudah kembali,” ujarnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pesawat tersebut sempat berputar-putar di atas danau. Tak lama dari itu, pesawat akhirnya jatuh ke air.

“Setelah memang 3 kali mutar di atas rawa itu ada trouble (gangguan) dan jatuh,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (28/5).

Kendati demikian, sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab jatuhnya pesawat ini. Petugas gabungan telah dikirim ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi bangkai pesawat. “Sekarang Kapolres dan Dandim dan petugas sekolah latih masih di TKP untuk evakuasi Helikopter tersebut,” jelas Yusri.(tul/rd)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah 

Editor : Fahmi Akbar