pohon tumbang
TUMBANG: Pohon di Jalan Komjen Pol M Jasin, Kelapadua, Depok, Sabtu (22/5). FOTO : PUTRI/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Akibat hujan lebat yang disertai angin kencang, sedikitnya delapan titik pohon tumbang , Sabtu (22/5). Saat kejadian, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok bergerak cepat, agar dapat memulihkan kondisi jalan yang sempat menyebabkan kemacetan.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, terdapat 12 Satuan Tugas (Satgas) Pohon DLHK Kota Depok yang diterjunkan, untuk menangani pohon tumbang. “Pohon tumbang diakibatkan karena hujan lebat, kemudian disertai angin kencang pada sore hari,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Sabtu (22/5).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, kejadian pohon tumbang terdapat di delapan titik. Enam titik di berada di Jalan Juanda dan Jalan Cibulan, Kecamatan Dan satu lagi, pohon di Jalan Komjen Pol M Jasin Kelapadua, Kecamatan Cimanggis. “Pohon besar tersebut memiliki panjang kurang lebih delapan meter, dan jatuh menutupi badan jalan,” bebernya.

Lebih merinci, menurut Ety kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16:30 WIB, dan kemudian Satgas langsung disebar untuk penanganannya. “Sempat terjadi kemacetan ketika pohon dievakuasi, namun setelah itu kemacetan terurai,” sambungnya.

Menurut Ety, pohon yang tumbang tersebut tidak masuk ke dalam daftar pohon rawan tumbang. Sehingga, kejadian tersebut murni faktor alam. Penanganan material lainnya, berlangsung selama beberapa jam yang juga dibantu oleh Satgas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), juga Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). “Kami mengimbau masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon rindang saat hujan dan selalu waspada,” ucapnya.

Terpisah, Komandan Regu A Pos Merdeka, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Depok, Bayu Agus Triyanto mengatakan, dalam kejadian pohon tumbang di Juanda, terdampak pada dua unit kendaraan. “Kendaraan yang sedang terparkir di depan minimarket mengalami penyok di bagian atap. Satu unit mobil Expander dan satu unit Grand Max,” tuturnya.

Menurutnya, dalam proses evakuasi pohon tumbang membuat arus lalu lintas sempat tersendat dan memakan waktu tiga jam. “Pihak kepolisian juga hadir untuk membantu mengurai kemacetan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut,” pungkasnya.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar