DPRD Depok
BERI BANTUAN: Anggota DPRD Kota Depom saat memberikan bantuan donasi bagi masyarakat Palestina, di Gedung DPRD Kota Depok, Senin (24/5). IST

RADARDEPOK.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok ikut membantu masyarakat Palestina, Senin (24/5). Caranya, dengan melakukan galang donasi di lingkungan anggota dewan. Total donasi yang diberikan untuk Palestina sebesar Rp35 juta, yang dikumpulkan dalam waktu lima hari.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Depok, Supariyono mengatakan, pada hari ini DPRD Kota Depok memberikan bantuan donasi langsung kepada perwakilanwarga Gaza, yang datang langsung ke Gedung DPRD Kota Depok.

“Galang donasi sudah dimulai sejak 19 Mei 2021 sampai dengan hari ini. Data yang terkumpul sebesar Rp35 juta,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Senin (24/5).

Supariyono menjelaskan, donasi tersebut diberikan kepada dua yayasan penyalur donasi untuk Palestina. Yang pertama ke Yayasan Adara Relief International dan yang kedua ke Yayasan Sadaqa. “Di Yayasan Sadaqa kami donasikan sebesar Rp31 juta. Sedangkan di Yayasan Adara sebesar Rp4 juta,” jelasnya.

Bantuan untuk Palestina didasari beberapa hal. Yang pertama, atas dasar kemanusiaan yang sedang sedang menghadapi bencana. Yang kedua, kewajiban dalam konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD). Yang ketiga, kewajiban moral sebagai bangsa Indonesia yang dulunya dibantu untuk merdeka oleh Palestina.

“Dan yang terakhir, ini merupakan amanat dari Bung Karno. Selama kemerdekaan Palestina belum diberikan, maka Indonesia tetap berdiri mendukung bangsa Palestina,” tegasnya.

Terpisah, salah satu perwakilan dari Gaza, Hasan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang mereka terima. “Sangat terharu, karena Indonesia merupakan negara pertama yang memberikan bantuan, sekalipun jaraknya yang paling jauh,” tuturnya.

Dia menyebut bahwa Indonesia memiliki pemerintah dan masyarakat yang kompak, akan sikap dalam membantu masyarakat Palestina. “Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih atas bantuan dari masyarakat Indonesia,” pungkasnya.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar