perumahan di curug terancam longsor
TERKIKIS : Penampakan permukaan tanah di Perumahan Ballad Residence yang mulai tergerus aliran Kali Angke. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CURUG – Warga di Perumahan Ballad Residence, di RT2/4, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, kini tengah dirundung cemas. Pasalnya tanah di halaman rumah mereka, terus tergerus Kali Angke, yang berada di sekitar perumahan tersebut.

Salah seorang warga, Donal Saputra mengatakan, warga disana khawatir tanah di sekitar rumah mereka terus tergerus dan mengakibatkan longsor.

Kami takut kalau didiamkan terus menerus, rumah kami akan ikut hancur terbawa longsor,” kata Donal, Senin (24/5).

Dia mengungkapkan, pada awal di bangun, tanah di sekitar kali itu masih berukuran selebar enam meter, saat ini tanah tersebut tinggal sekitar tiga meter lebih.

Perumahan ini dibangun tiga tahun lalu. Waktu kami beli kondisinya masih aman jauh dari kali, sekarang kalinya semakin lebar dan tanahnya semakin habis terkikis air,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, permasalahan ini sudah dilaporkan kepada pihak pengembang perumahan. Hanya saja, tidak ada tindak lanjut yang kongkret dari pengembang.

Kami sudah melakukan audiensi dengan pengembang, tapi ya jawabanya mengambang saja terus,” ucapnya.

Dia menuturkan, lokasi aliran kali melintasi Blok A, B, dan C di perumahan tersebut. Kondisi yang paling parah berada di Blok B 13. Di blok tersebut, terdapat 24 unit rumah yang berada persis di dekat saluran kali.

Maka dari itu, kami minta baik pengembang maupun Pemerintah Kota Depok, untuk membantu kami membuat turap kali ini, agar kami tidak cemas apalagi di sini banyak anak – anak,” bebernya.

Sementara itu, Lurah Curug, Juanda mengaku belum mengetahui informasi mengenai tergerusnya tanah di perumahan tersebut. “Belum ada laporan sama sekali ke kita, baik dari pengembang maupun warga penghuni disana,” kata dia

Meski demikian, lanjut Juanda, setelah mendapatkan informasi ini, pihaknya akan segera menindaklanjuti tergerusnya tanah di perumahan tersebut.

Kita akan datang ke lokasi untuk mengecek gimana kondisinya, supaya bisa mengajukan perbaikan ke Pemerintah Kota Depok,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro