gerakan lansia vaksin
SEHAT: Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 prioritas lansia dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (Halun Lansia) 2021 di Kecamatan Cipayung, Jumat (28/5). FOTO: DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar sistem “jemput bola” untuk vaksinasi Korona (Covid-19) kalangan lansia dan pendamping dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ( Halun Lansia ) 2021 di Kecamatan Cipayung, Jumat (28/05).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan agenda vaksinasi kali ini sebagai bentuk dukungan, agar capaian lansia yang telah divaksin lebih banyak.

“Ini dalam rangka Halun Lansia 2021 dengan mengadakan vaksinasi di Kecamatan Cipayung,” ujarnya kepada Radar Depok.

Umi, sapaanya, menjelaskan pihaknya akan melihat seberapa banyak animo masyarakat khususnya lansia terhadap pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 prioritas lansia di kecamatan. Hari ini, sebanyak 100 lansia dengan 50 pendamping menjadi sasaran tahap pertama.

“Kalau animo lansianya bagus, kami akan coba pindah mencari kecamatan lain yang mungkin lansianya belum banyak yang di vaksin. Sesuai juknis dari Kementrian Kesehatan, lansia dengan pendamping itu 2:1. Kami siapkan 15 vial untuk 150 dosis,” bebernya.

Umi menurutkan, pemberian vaksinasi lansia kedua, akan bertempat di dua puskesmas di wilayah Kecamatan Cipayung, yaitu UPTD Puskesmas Ratujaya, dan UPTD Puskesmas Cipayung.

Di lokasi yang sama, Suhartati (64) menjelaskan, sebelumnya dia mencari informasi pendaftatan vaksinasi sejak lama. Tetapi, belum pernah mendapat giliran.

“Pernah daftar, tapi susah. Kebetulan ada disini (vaksinasi covid-19) gratis dengan syarat KTP saja,” tukasnya. (rd/daf) 

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya