Beranda Utama Hamas Punya Ribuan Roket untuk Serang Balik Israel, Darimana Asalnya?

Hamas Punya Ribuan Roket untuk Serang Balik Israel, Darimana Asalnya?

0
Hamas Punya Ribuan Roket untuk Serang Balik Israel, Darimana Asalnya?
ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM – Israel boleh punya agen intelijen yang ditakuti dunia, yakni Mossad. Tapi untuk menghentikan suplai rudal ke Hamas, Mossad pasti mati gaya.

Hingga kini, Israel tak mampu memutus rantai aliran persenjataan dari luar Palestina ke Hamas. Brigade Al Qassam malah mampu menembakkan rudal pintar penghancur Iron Dome.

Sejauh ini, persenjataan paling signifikan di gudang senjata Palestina adalah berbagai macam rudal darat-ke-darat mereka.

Beberapa di antaranya diyakini diselundupkan melalui terowongan dari semenanjung Sinai di Mesir. Terdapat dugaan, persenjataan lain seperti rudal anti-tank buatan Kornet Rusia, yang digunakan dalam konflik beberapa hari terakhir, juga diselendupkan melalui terowongan tersebut. Namun sebagian besar persenjataan Hamas dan Jihad Islam diproduksi di pusat manufaktur yang relatif canggih di Jalur Gaza. 

Sejumlah pakar dari Israel mau pun negara lain yakin Iran juga berperan penting dalam membangun industri persenjataan tersebut. Ini yang membuat kekuatan Hamas seperti tak ada habisnya. Selalu ada pasokan rudal mematikan untuk ditembakkan ke Israel.

Jumlah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya beberapa hari terakhir ini. Pada hari Selasa (11/05), Hamas mengatakan telah meluncurkan 130 roket dalam hitungan menit.

Iron Dome Israel pun lumpuh. Beberapa stasiun Iron Dome bahkan disebut sudah luluh lantak.

Hal yang dinilai tak wajar mengingat rudal pencegat Iron Dome jauh lebih gesit, canggih dan lebih mahal daripada roket Hamas. Fabian Hinz, seorang ahli teknologi rudal Timur Tengah, mengatakan kepada penyiar publik Jerman ZDF, bahwa berbagai kelompok yang berbasis di Gaza telah memperluas persenjataan roket mereka. Dia mengatakan Hamas memiliki ribuan rudal – seperti yang dikonfirmasi oleh media Israel.

The Jerusalem Post mengutip sumber intelijen Israel yang memperkirakan gudang senjata Hamas berisi 5.000 hingga 6.000 roket.

Kelompok militan Jihad Islam Palestina, yang bekerja sama dengan Hamas, diyakini telah menimbun 8.000 roket lagi. Hinz mengatakan roket Iran pernah diselundupkan ke Gaza melalui Sudan dan kemudian Mesir.

Diyakini bahwa dengan bantuan dari luar, Hamas kini mampu memproduksi sebagian besar roketnya di dalam kantong pesisir. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya