Anggota DPRD Kota Depok, Qonita Luthfiyah

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Qonita Lutfiyah berharap pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) semakin maju dan terus berinovasi di tengah pandemi Covid-19, sehingga melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berbudi pekerti luhur.

Qonita mengungkapkan, Hardiknas adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia setiap 2 Mei, untuk memperingati kelahiran dan menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara, di mana kutipannya yang terkenal, yakni “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani”.

“Artinya, di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik; di tengah atau diantara murid, guru harus menciptakan ide dan prakarsa; di belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan serta arahan,” kata Qonita kepada Radar Depok, Senin (3/5).

Qonita yang juga Ketua DPC PPP Kota Depok ini mengharapkan agar momentum Hardiknas 2021 digunakan sebagai momen yang tepat untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Hal tersebut, sambung Qonita, sejalan dengan tema Hardiknas 2021 ‘Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar’.

“Dampak Pandemi Covid-19 yang telah menggerus berbagai aspek kehidupan kita tidak boleh menjadi penghalang bagi kita untuk tetap berkarya. Membangun kebersamaan dan menguatkan komitmen kebangsaan kita, melalui transformasi pendidikan kita harus tetap bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” Tutur Qonita.

Sehingga, putri K.H Syukron Mamun ini berharap agar pendidikan semakin maju, meski pandemi Covid-19, namun jangan sampai merugikan anak bangsa dan menghilangkan hak mereka untuk mengenyam pendidikan.

“Guru dan para pelaku pendidikan harus lebih kreatif serta inovatif di tengah pandemi supaya kualitas pendidikan tetap terjaga, yang muaranya melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan memiliki budi pekerti luhur,” ucap Qonita. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah