Hasil Sidak Kamar WBP Rutan Depok
TUNJUKKAN HASIL SIDAK: Rutan Kelas I Depok menunjukan sejumlah barang hasil temuan saat inspeksi mendadak (Sidak) di hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Depok, Selasa (19/5) malam. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rutan Kelas I Depok tampaknya tidak main-main dalam menjaga keamanan di seluruh lingkungan Rutan. Usai menjalankan peraturan ketat saat Lebaran. Kali ini, seluruh kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilakukan pemeriksaan.

Kepala KPR Rutan Kelas I Depok, Nu’man Fauzi yang memimpin inspeksi mendadak (sidak) mengatakan, kegiatan ini memang secara rutin di lakukan Rutan. Hal tersebut sebagai upaya antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan.

“Beberapa waktu lalu kami juga lakukan sidak ke kamar hunian. Sekarang kami adakan lagi, ini untuk terus mengantisipasi hal yang tidak diinginkan soal keamanan di Rutan,” tegasnya.

Dalam inspeksi mendadak yang dilakukan Rutan, petugas mendapat beberapa perlengkapan yang memang dilarang berada di kamar hunian WBP. Seperti Handphone, benda keras yang berpotensi berbahaya, serta benda lainnya yang juga berpotensi berbahaya.

“Sidak ini untuk antisipasi masuknya barang terlarang dari luar yang dapat mengganggu kondusifitas Rutan,” jelas Fauzi.

Sidak juga dapat memaksimalkan pemberdayaan WBP selama di Rutan. Pasalnya di lingkungan ini, setiap WBP digali potensi dan bakatnya sesuai keinginannya. Sehingga upaya antisipasi barang yang tidak bermanfaat akan terus dilakukan.

“Semua dilakukan untuk WBP bisa berdaya secara maksimal di sini. Keluar dari rutan sudah punya kemampuan yang positif, sehingga bisa menjadi bekal untuk membangun kehidupan yang lebih baik,” tambah Fauzi.

Sebelumnya, Rutan bersama BNN Depok, Koramil Sukmajaya, serta Aparat Kepolisian melakukan sidak bagi seluruh kamar hunian tahanan. Saat itu tepat di tanggal 7 April, menjelang perayaan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR