lubang biopori katar serua
SEMANGAT MUDA : Anggota Katar Kelurahan Serua sedang menggali tanah untuk dibuatkan lubang biopori. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, SERUA – Karang Taruna (Katar) Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, turun tangan untuk membantu aparatur kelurahan setempat dalam pembuatan lubang biopori.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Pemuda Serua juga aktif untuk lingkungan dan juga mampu bersinergi dengan pemerintah dalam membangun wilayah, salah satunya dengan mendukung pemkota Depok membuat 100 ribu lubang biopori,” kata Ketua Katar Bojongsari, Roby Vahlevi Buana, Minggu (30/05).

Menurut Robby, keberadaan lubang biopori sangat diperlukan di Kelurahan Serua. Mengingat wilayah tersebut, sudah sangat minim daerah resapan air lantaran gencarnya pembangunan infrastruktur yang menitik beratkan betonisasi.

“Keberadaan lubang biopori ini sangat bermanfaat, selain menjadi resapan air, juga bisa menjadi sarana pembuatan pupuk kompos dengan media sampah organik, sehingga tanah jadi subur,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan pembuatan lubang Biopori ini dilakukan selama dua hari, sejak Sabtu dan Minggu.

“Kita kemarin sudah buat 60 lubang, dan di hari Minggu ini mencapai 150 lubang biopori,” bebernya.

Dia menjelaskan, dalam melakukan pelubangam tanah, mereka mengerahkan sembilan orang anggota katar, dengan menggunakan alat manual.

“Hitung – hitung olahraga lah bikin lubang ini, ” imbuhnya.

Dia menambahkan, pembuatan lubang biopori ini dilakukan di RW 2, RW4, dan RW 5, Kelurahan Serua. Lokasi ini dipilih lantaran membutuhkan area resapan air.

“Kami berharap bisa memberikan sesuatu yang positif dalam setiap kegiatan kami,” pungkasnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya