Kadinkes Novarita Menjelaskan Vaksinasi
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok terus gencar melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Saat ini kategori warga yang masih menjalani vaksin yaitu SDM kesehatan, pelayan publik, dan warga lanjut usia (lansia).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Depok, jumlah warga yang sudah divaksin Dosis 1 sebanyak 99.203, dan pada Dosis 2 mencapai 81.172.

“Kebutuhan vaksin di Kota Depok sesuai sasaran tiga segmen, yaitu SDM kesehatan, pelayan publik, dan lansia sebanyak 242.657,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita kepada Radar Depok, Rabu (26/5).

Selain itu lanjut Novarita, pemerintah pusat juga akan terus suplay vaksin sampai semua warga yang menjadi target tervaksinasi. Meski begitu, dia mengingatkan meskipun telah divaksin, protokol kesehatan tetap harus dijalankan

“Meskipun telah divaksin protokol kesehatan tetap harus dijalankan,” tegas Novarita.

Sementara itu, Dinkes dan Polres Metro Depok memperpanjang pemeriksaan Rapid Test Antigen bagi warga pendatang arus balik Lebaran 2021 hingga 31 Mei. Pelaksanaan tes Covid-19 tersebut tetap dilakukan di dua titik lokasi penyekatan dan puskesmas.

Perpanjangan pemeriksaan rapid test antigen sesuai dengan Perpanjangan Masa Berlaku Addendum Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021. Yaitu tentang peniadaan Mudik Hari raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah, dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 selama Ramadan.

“Perpanjangan masa berlaku addendum surat edaran tersebut dimulai sejak tanggal 25-31 Mei 2021. Serta akan ditinjau lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan atau perkembangan situasi terakhir di lapangan,” tuturnya.

Perlu diketahui, lokasi pelaksanaan rapid tes antigen tetap digelar di Pos Penyekatan Jalan Raya Bogor depan SPBU Cilangkap dan Sawangan bersama pihak kepolisian. Sedangkan untuk di Puskesmas bersinergi dengan RT-RW, dan kelurahan setempat.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Kota Depok, Devi Maryori menyebutkan, ruangan penanganan pasien Covid-19 di RSUD hingga saat ini masih memadai. Sampai Rabu (26/5) pasien Covid-19 yang dirawat ada. Yaitu 14 orang, dan satu orang di ICU.

Sedangkan total pasien rawat inap sejak 1 hingga 26 Mei 2021 ada 81 pasien. Dengan rincian, yang masih dirawat 15 orang, sembuh 55 orang, meninggal satu orang, rujuk tiga orang, dan pulang Atas Permintaan Sendiri (APS) tujuh orang.

“Kami sudah mengantisipasi dan mitigasi bilamana terjadi lonjakan kasus, dengan tempat tidur isolasi, ICU, dan SDM,” ucap Devi kepada Radar Depok, Rabu (26/5).

Selain itu lanjut Devi, RSUD Depok kembali melakukan vaksinasi Covid-19, yang ditujukan kepada warga lansia, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan tenaga pendidik Kota Depok. Kuota yang disediakan sebanyak 500 peserta. Kemudian vaksinasi dilakukan sebanyak tiga kali dalam sepekan, yaitu Selasa, Rabu, dan Kamis pada pukul 09.00 hingga 12.00 wib.

Perlu diketahui, sebelum divaksin peserta akan melalui beberapa tahapan. Di antaranya, melakukan registrasi ulang, skrining kesehatan dengan pengecekan suhu tubuh dan tensi. Lalu menjawab sejumlah pertanyaan untuk melihat kondisi dan identifikasi penyakit penyerta (komorbid). Setelah divaksin, peserta tidak langsung diperkenankan pulang. Peserta harus tetap ada di lokasi vaksinasi sekitar 30 menit untuk melihat reaksi yang muncul dalam tubuh.

“Iya masih, vaksinasi di RSUD masih berlangsung,” kata Devi. (gun/**)

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR