RADARDEPOK.COM – Dikalangan para Bikers tentu budaya portal adalah sebuah istilah yang tidak lagi asing di telinga mereka.

Khususnya, bagi para anggota komunitas yang doyan melakukan touring ke berbagai daerah. Budaya portal sendiri merujuk pada tindakan mencegat Bikers yang sedang melakukan perjalanan atau touring saat melintasi kota atau daerah tertentu agar mau singgah dan menikmati jamuan dari tuan rumah,

Biasanya budaya portal diimplementasikan oleh para komunitas ke sesama anggotanya yang berasal dari daerah atau chapter berbeda. Ini dilakukan sebagai wujud solidaritas yang kuat dan juga momen bersilahturahmi diantara mereka.

Umumnya budaya portal memang kerap dilakukan oleh para komunitas pengguna motor sejenis (baik secara model maupun brand) yang secara ekosistem memang telah memiliki jumlah member atau anggota yang cukup banyak dan tersebar secara luas. Salah satunya seperti para komunitas MAXi Yamaha.

Banyak kisah-kisah menarik yang dibagikan oleh para pengguna MAXi Yamaha terkait budaya portal ini, yang membuat mereka #BanggaMAXimal menjadi bagian dari MAXi Yamaha Family. Seperti kisah Lilik Gunawan yang di awal tahun melakukan touring jarak jauh dari Jambi, Indonesia menuju Dili, Republik Demokratik Timor Leste.

Sebagai seorang anggota aktif Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI), Lilik betu-betul merasakan ikatan persaudaraan yang begitu kuat diantara sesama pengguna MAXi Yamaha. Karena hampir di setiap kota besar yang dirinya lewati, Lilik kerap disambut dan diajak untuk beristirahat sejenak oleh para anggota YNCI dari chapter setempat.

“Banyak sekali cerita menarik di sepanjang perjalanan dari Jambi menuju Timor Leste, diantaranya portalan para Bikers yang sangat antusias menyambut dengan hangat. Sehingga membuat perjalanan menjadi nyaman meski waktu harus lewat dari rencana karena banyaknya para Bikers yang mengajak Kopdar (Kopi darat) dan memberi ruang bagi saya untuk bercerita terkait perjalanan jauh ini,” terang Lilik.

Tidak hanya Lilik, kehangatan budaya portal juga turut dirasakan oleh Acho seorang member Indonesia Max Owner (IMO). Acho yang gemar melaukan touring jarak jauh ini punya kenangan manis tersendiri terkait tingginya rasa solidaritas sesama pengguna MAXi Yamaha. Pengalaman ini, dirasakan tatkala dirinya melakukan touring Jakarta – Bali menggunakan motor XMAX.

“Tingginya solidaritas sesama pengguna MAXi ini memang luar biasa. Saya merasakan banget manfaatnya waktu pengalaman touring Jakarta – Bali. Saat itu saya riding pakai XMAX dan motor tiba-tiba mengalami kendala di daerah Situbondo. Itu malam hari dan bengkel semua sudah tutup. Akhirnya saya kontak anak kordinator Jawa Timur (member komunitas IMO), kemudian langsung bantuan datang secara cuma-cuma, malam hari itu juga. Menariknya yang datang itu dari berbagai komunitas MAXi diluar IMO. Dan setelah motor aman, saya langsung di portal diajak mampir dulu ke salah satu rumah member, diajak makan, diajak istirahat sebelu melanjutkan kembali perjalanan. Hal-hal seperti ini yang terkadang bikin kita merasa bangga jadi bagian dari keluara besar MAXi Yamaha, karena belum tentu bisa didapatkan di komunitas motor lainnya,” ungkap Acho.(rd/ina)

Editor : Febrina