Koni Depok
SOSIALISASIKAN: Ketua KONI Depok, Amri Yusrq saat menggelar sosialisasi Musorkot, Selasa (26/5). FOTO : PUTRI/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Tak lama lagi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Depok, akan menggelar Musyawarah Kota (Musorkot). Tepatnya Sabtu 29 Mei 2021 mendatang. Saat ini, KONI masih membuka pendaftaran bagi para calon ketua umum yang akan menjabat selama empat tahun kedepan.

Ketua Koni Kota Depok, Amri Yusra mengatakan, panitia memberikan waktu beberapa hari bagi para calon untuk mendaftarkan diri sebagai ketua umum KONI Depok, sebelum diadakannya musorkot Sabtu mendatang. “Kami memberikan waktu, sehingga ada kesempatan bagi para calon yang akan maju sebagai Ketua Umum KONI Depok,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Selasa (25/5).

Lebih lanjut, Amri menjelaskan, dia kali ini tidak dapat mencalonkan lagi sebagai ketua. Pasalnya, Amri sudah menjabat dalam dua kali periode. Dia berharap, Ketua Umum Koni yang terpilih berikutnya bisa melanjutkan program yang sudah ada, serta meningkatkan tercapainya 10 besar dalam Porprov 2022. “Ketua yang terpilih memiliki PR yang berat, semoga nantinya ketua terpilih bisa menyusun kepengurusan, serta mempertahankan program program yang sudah ada,” sambungnya.

Sementara, Steering Commite, Wido Pratikno mengatakan, sudah kewajiban organisasi yang tertib dan benar untuk melakukan pemilihan ketua umum, disaat ketua umum lamanya sudah habis masa jabatnya. “Karena kebetulan secara aturan sudah dua kali masa jabat, sehingga tidak boleh lagi menjabat,” sambungnya.

Pada Sabtu nanti, akan ada beberapa calon baru, yang belum diketahui totalnya berapa. Menurutnya, semua memiliki kesempatan untuk maju, asalkan memenuhi syarat yang ada. Syarat sah calon ketua KONI Depok antaralain, warga Indonesia yang berdomisili Depok dibuktikan dengan adanya KTP Depok, berusia minimal 21 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang dicabut hak pilihnya, pernah aktif sebagai pengurus di salah satu pengurus olahraga prestasi anggota KONI Depok, tidak menjalani pidana penjara sesuai keputusan pengadilan.

“Membuat surat kesediaan/kesanggupan sebagai ketua KONI, mendapat dukungan dari anggota KONI yang menjadi peserta Musorkot sekurang-kurangnya 15 anggota, menyerahkan daftar riwayat hidup, dan menyampaikan visi misi di depan peserta Musorkot,” sambungnya.

Dia menyebut, sampai dengan Selasa (25/5) belum ada yang mendaftarkan sebagai calon ketua umum. “Kami akan melihat mulai hari ini sampai besok Sabtu,” pungkasnya.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa

 Editor : Fahmi Akbar