Stasiun Depok Lama
PENUMPANG KERETA: Suasana Stasiun Depok Lama, Senin (17/5). Usai libur Hari Raya Idul Fitri kondisi sejumlah stasiun kereta api terpantau masih kondusif, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Berdasarkan data PT KAI Commuter Line pada Senin (17/5), total pengguna KRL mencapai 127.935 orang. Angka tersebut diprediksi menurun dari total pengguna KRL pekan lalu sebesar 138.328 orang, atau bersamaan dengan libur Hari Raya Idul Fitri.

Humas PT KAI Commuter Line, Anne Purba menerangkan, sejumlah stasiun dengan angka pengguna terbesar, di antaranya Stasiun Bogor 11.043 pengguna, naik tujuh persen, Stasiun Bojonggede 10.544 orang, stabil dan tidak terjadi kenaikan atau penurunan.

Kemudian, Stasiun Citayam 9.591 pengguna KRL, turun sembilan persen. Lalu Stasiun Bekasi 8.061 pengguna, turun tujuh persen. Sementara, Stasiun Manggarai hanya 1.149 pengguna, turun tujuh persen.

“Hari ini layanan KRL Jabodetabek masih beroperasi dengan pembatasan, sehubungan masa larangan mudik tahun ini berlaku tanggal 6–17 Mei 2021,” terangnya.

Ia melanjutkan, pihaknya hari ini tetap mengoperasikan 900 perjalanan KRL perhari dengan jam operasional pukul 04.00 hingga 20.00 WIB. KAI Commuter juga tetap konsisten menegakkan protokol kesehatan (Prokes) terutama menjaga jarak, dengan sistem penyekatan pengguna pada jam-jam sibuk.

Selain pengaturan jaga jarak, KAI Commuter juga mengajak para pengguna KRL untuk tetap menerapkan protokol kesehatan lainnya. Yaitu memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL dengan memanfaatkan wastafel tambahan yang tersedia di stasiun.

“Kami juga mengimbau para pengguna KRL untuk selalu mengikuti arahan dari petugas di stasiun maupun KRL, antre dengan tertib untuk kesehatan dan kenyamanan bersama. Ikuti informasi terkini mengenai layanan KAI Commuter melalui akun media sosial resmi di @commuterline,” jelas Anne.

Terpisah, salah satu pengguna KRL, Anwar Triyadi mengakui bahwa hari pertama dirinya bekerja penumpang kereta tidak padat seperti biasanya. Hal ini dirasakan setelah dirinya pulang dan pergi bekerja. “Masih kosong ya, nggak kayak biasa. Masih banyak yang nggak masuk,” katanya saat dijumpai di Stasiun Depok Lama, Senin (17/5).

Ia menambahkan, hal ini sudah biasa terjadi jika hari pertama kerja terjadi usai libur Lebaran. Namun, tiga hari ke depan peningkatan penumpang akan kembali terjadi. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR