Diskarpus Depok Terantusias
HARI KEARSIPAN: Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok memperingati Hari Kearsipan Nasional ke-50, di Lantai 3 Gedung Perpustakaan Kota Depok, Selasa (18/5). FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok memperingati Hari Kearsipan Nasional ke-50 secara virtual. Pada kegiatan kali ini telah diumumkan bahwa Kota Depok masuk dalam kategori akun Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) terantusias seluruh Indonesia.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, Hari Kearsipan Nasional ke-50 memiliki tema Tahun Emas Kearsipan: Satu Langkah Mewujudkan Arsip Digital. Yang memiliki makna penting dan mendalam.

“Dalam era Revolusi Industri 4.0 dengan Post Truth ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19, segala sektor kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara tidak luput dari teknologi informasi digital yang sangat berdampak di bidang kearsipan,” tuturnya kepada Radar Depok, Selasa (18/5).

Siti mengungkapkan, kegiatan hari ini juga diumumkan oleh panitia penyelenggara Hari Kearsipan Nasional ke-50 bahwa LKD Kota Depok masuk ke dalam kategori akun terantusias seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, Kota Depok bersama dengan LKD Kabupaten Morowali, LKD Kota Palu, dan LKD Kota Banjar menjadi akun terantusias LKD di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Siti, pada momen ini merupakan tahun emas kearsipan. Dengan diberlakukannya sistem pemerintahaan berbasis elektronik, Diskarpus Kota Depok akan terus berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk menangani sistem yang dimiliki.

“Harapannya kepada lembaga pemerintahan swasta, organisasi-oganisasi masyarakat dan politik semakin sadar akan adanya arsip. Karena, arsip merupakan suatu bukti autentik dan dapat dikatakan sebagai aset,” harapnya.

Sementara, Plt Sekretaris Diskarpus Kota Depok, Lizanova berharap hal yang sama, agar Diskarpus Kota Depok bisa semakin maju. “Dan semoga semakin banyak masyarakat Kota Depok yang sadar dan tertib arsip,” singkatnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR