Ari Prasetyo Relawan PMI Depok
KOMPAK: Ari Prasetyo saat berfoto bersama pengurus Karang Taruna Kelurahan Sukamaju, dalam salah satu kegiatan yang berlangsung di kantor Pemerintah Kota Depok. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

Mengenal Ari Prasetyo, Relawan Kemanusiaan PMI Depok (2)

RADARDEPOK.COM, Jiwa sosial Ari Prasetyo tak perlu diragukan lagi. Jauh sebelum aktif menjadi relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Depok, yaitu pada tahun 2014 Ari mengabdikan diri di masyarakat dengan menjadi pengurus Karang Taruna Kelurahan Sukamaju.

Laporan: Arnet Kelmanutu

Semakin bergairah rasanya bagi Ari Prasetyo, jika sibuk mengurus kepentingan umum. Rasa itu sudah tumbuh sejak dirinya duduk di bangku SMA. Hal itu ia rawat dengan aktif di Karang Taruna. Dan dimulai dari Karang Taruna Sub RW.

“Iya itu awalnya di 2014, dari Karang taruna RW dulu di dekat rumah. Terus aktif sampai sekarang,” jelas pria 25 tahun itu.

Keputusannya untuk menceburkan diri ke masyarakat berawal ketika ada kepedulian Ari bersama rekan bergerak nyata memberdayakan remaja di tempat tinggalnya. Seiring berjalannya tahun, upaya tersebut terus berkembang.

“Mulai terlihat, aktif menghias kampung, aktif turun langsung menyalurkan sembako, sampai menjaga ketertiban keamanan,” terang Ari.

Selain itu lanjut Ari, saat pademi hadir di Kota Depok, seluruh pemuda di Karang Taruna aktif bergerak nyata. Mulai dari melakukan penyemprotan, menjadi teladan pakai masker, hingga menjaga kebersihan lingkungan.

“Iya jadi pada kompak. Membuat bersih lingkungan dengan kerja bakti, sampai menciptakan lingkungan yang hijau, dan menanam pohon hias,” tambahnya.

Namun, baginya yang paling sulit terletak pada mempertahankan semangat para pemuda di lingkungan untuk bisa aktif menghidupkan roda karang taruna. Tapi sinergitas antar pemerintah dengan pemuda menjadi salah satu kunci penting, demi berjalannya pemberdayaan pemuda. (bersambung)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR