tol terpeka sumatera
Tol Terpeka di Sumatera.

RADARDEPOK.COM – Membentang 189 kilometer, Jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung atau Tol Terpeka yang beroperasi sejak tahun 2019, dinobatkan menjadi jalan tol terpanjang dan tercepat pembangunannya di Indonesia.

Pembangunannya memakan waktu kurang dari 2,5 tahun, kontruksi jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dapat dirampungkan.

Berdasarkan situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pembangunan tol ini pun telah mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) karena memecahkan rekor pembangunan tol terpanjang.

Jalan tol tersebut meningkatkan konektivitas antara provinsi Lampung dengan provinsi Sumatera Selatan. Ruas tol itu juga terhubung dengan berbagai kawasan-kawasan produktif, yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Sumatera.

Ditargetkan pada tahun 2024, jalan tol Trans Sumatera (JTTS) tersambung dari Lampung hingga Aceh. Hingga saat ini telah beroperasi sepanjang 653 km yang terdiri dari sembilan ruas tol.

Kesembilan ruas tol tersebut yakni :
Bakauheni – Terbanggi Besar 140 km
Terbanggi Besar – Kayu Agung 189 km
Kayu Agung – Palembang – Betung 38 km
Belawan – Medan – Tanjung Morawa 43 km
Medan – Binjai 13 km
Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62 km
Palembang – Indralaya 22 km
Sigli – Banda Aceh Seksi 4 14 km
Pekanbaru – Dumai 132 km

Adapun Jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terbagi menjadi dua seksi. Dua seksi itu adalah Seksi 1 ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 112 km, kemudian Seksi 2 ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 km.

Ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang-Kayu Agung mulai beroperasi seusai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, pada pertengahan November 2019. Saat itu Jokowi berharap keberadaan ruas tol di Sumatera tersebut akan berdampak positif, di antaranya menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi yang baru, dan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik.

“Jalan tol tidak hanya di Jawa saja. Kita harapkan dari Lampung sampai Aceh kita selesaikan pada 2024 sepanjang 2.700 kilometer,” ucap Jokowi kala itu.

Adapun, ruas tol yang mulai dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) sejak Juli 2018 menelan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun. Kinerja positif Hutama Karya (HK) juga diapresiasi Presiden karena pengerjaannya relatif cepat yakni hanya memakan waktu 841 hari atau sekitar 23 bulan. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya