Beranda Metropolis Mpok Kiki : Tetap Patuhi Prokes di Hari Raya

Mpok Kiki : Tetap Patuhi Prokes di Hari Raya

0
Mpok Kiki : Tetap Patuhi Prokes di Hari Raya
Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Depok, Rezky M. Noor.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Depok, Rezky M. Noor menyambut baik kebijakan larangan mudik dari pemerintah pusat. Namun, politikus perempuan Gerindra ini pun meminta agar tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Pemerintah terus berupaya untuk menekan angka penularan Covid-19, salah satunya dengan kebijakan larangan mudik. Mau tidak mau, kita harus mematuhi, jangan sampai pandemi ini terus berlanjut,” kata Mpok Kiki –sapaannya- kepada Radar Depok, Selasa (11/05).

Sebab, Mpok Kiki yang juga Ketua Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Kota Depok ini, mereka yang mudik, jika terpapar Covid-19, maka akan beresiko dan membawa masalah baru di kampung mereka, seperti kejadian di India yang kasus penularan Koronanya meningkat karena tidak patuh terhadap Prokes Covid-19.

“Sayangi keluarga di kampung dengan tidak mudik, insya Allah jika pandemi ini bisa dikendalikan, kita semua bisa kembali berkumpul dengan keluarga,” ujarnya.

Kendati demikian, Mpok Kiki menegaskan, bagi yang tidak mudik dan merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah pun harus tetap disiplin menerapkan Prokes Covid-19, agar tidak tertular ataupun menularkan.

Ia menguraikan Prokes tersebut yakni dalam penerapan 5M (mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilisasi dan menghindari kerumunan) dan 3T (testing, tracing, treatment).

Mpok Kiki ini kembali menegaskan bahwa kedisiplinan tersebut merupakan kunci dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

“Masyarakat harus benar-benar disiplin dalam menerapkan 3M. Sedangkan upaya pemerintah tetap 3T. Jangan karena saat ini mau ada vaksin, kita jadi lalai akan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Menurutnya, masih adanya penularan Covid-19 lantaran masih ada warga yang kurang disiplin dalam menerapkan 5M, malahan saat di ruang publik, mereka tidak menjaga jarak, tidak mengenakan masker atau jarang cuci tangan.

“Jadi, mereka mudah tertular atau malah menularkan. Ini yang harus dihentikan, makanya perlu disiplin 3M dan pemerintah pun harus fokus pada 3T,” tuturnya.

Istri dari Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Nuroji ini berharap, pandemi dapat segera berakhir. Sehingga, masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal dan seluruh sektor dapat berjalan, terutama pembangunan, pendidikan dan ekonomi.

“Coba dibayangkan, bagaimana repotnya orangtua dengan PJJ (pembelajaran jarak jauh), sejumlah tempat terpaksa ditutup sementara, pengusaha dan pelaku UMKM harus gigit jari dengan penurunan omset dan banyak sisi negatifnya. Jadi, harus tetap disiplin dengan 5M,” pungkas Mpok Kiki. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah