Beranda Pendidikan MTS Al-Hidayah Sukatani Lahirkan Tahfidz Alquran

MTS Al-Hidayah Sukatani Lahirkan Tahfidz Alquran

0
MTS Al-Hidayah Sukatani Lahirkan Tahfidz Alquran
PENUTUPAN: Penutupan kegiatan Quran Camp Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Sukatani, Kecamatan Tapos. FOTO: MTS AL-HIDAYAH SUKATANI FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Sukatani, intens melahirkan para siswa penghafal Alquran. Salah satunya melalui event Quran Camp, yang diikuti oleh Sembilan peserta dari Kelas VII Tahfidz.

Wakil Kurikulum MTs Al-Hidayah Sukatani, Rony Hamsyah menuturkan, tujuan Quran Camp untuk menguatkan hafalan siswa, kemudian kelas tersebut memiliki target hafalan dalam satu tahun dua juz maka bagi siswa yang sudah mencapai hafalan, mereka hanya murojaah saja dari hafalan-hafalan yang telah dihafalkan.

“Namun, bagi siswa yang belum mencapai hafalan tersebut maka pada kesempatan itu di event Quran Camp, yaitu mereka focus menghafap Alquran agar tujuan dari menghafal Alquran selama satu tahun dua juz tercapai,” ungkap Rony.

Selain itu lanjut Rony, acara juga diisi di antaranya menghafal Alquran bagi siswa yang belum mencapai target, kemudian murojaah bagi siswa yang belum mencapai target dari hafalan Quran, lalu salat Tarawih berjamaah dilakukan di MTs Al-Hidayah Sukatani karena kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari lima malam, disamping salat-salat wajib yang lain.

“Kemudian ada juga tausiyah, olahraga bersama, dengan mengenalkan olahraga Sunnah yaitu olahraga memanah dan berkuda. Kegiatan dilakukan setiap pagi hari. Namun, tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Rony berharap, di bulan Ramadan ini siswa dapat mengisi waktunya dengan kegiatan positif, khususnya bagi siswa Tahfidz Quran yang memang orientasi ke depan mereka memiliki hafalan yang baik lebih banyak daripada siswa atau kelas lainnya.

“Peserta tahfidz ada sembilan orang, dibina oleh dua orang asatid, kemudian diakhiri dengan kegiatan Munaqasah Tahfidzul Quran, yaitu tesis sebelum mereka dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Alhamdulillah dari kegiatan tersebut, siswa bisa mencapai dari apa yang telah diprogramkan pada Quran Camp,” pungkasnya. (rd/gun)

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR