Beranda Utama Padat, Aktivitas Ramadan di Masjid Al Huda Tugu

Padat, Aktivitas Ramadan di Masjid Al Huda Tugu

0
Padat, Aktivitas Ramadan di Masjid Al Huda Tugu
AKTIF : Salah satu kegiatan yang dilakukan di Masjid Al Huda Tugu Depok dalam masa pandemi. IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi virus korona berdampak luas pada kehidupan manusia termasuk masjid yang menjadi tempat peribadatan muslim. Masjid tak lagi ramai karena dikhawatirkan meningkatkan risiko penularan Covid-19 di antara jemaah.

Humas Muslimat Al Huda, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, El Shanti  menjelaskan, dampak virus korona masih terjadi hingga Ramadan 2021 yang tentunya berpengaruh pada setiap masjid. “Dengan kondisi ini, pengurus Masjid Jami Al Huda Kelurahan Tugu Cimanggis Depok tetap memghidupkan aktivitas  beribadah dan kegiatan sosial lainnya namun tetap melakukan tindak pencegahan demi menekan risiko infeksi Covid-19,” jelas El Shanti, Rabu (12/5).

El Shanti menuturkan, Masjid Al Huda tetap melaksanakan kegiatan selama Ramadan yang dimodifikasi, misalnya Salat Tarawih dan Kajian Tarawih Subuh. Buka bersama yang tak lagi makan bersama di masjid. Kegiatan selama Ramadan 2021 diubah menjadi sebar takjil atau hidangan buka puasa dalam bentuk nasi boks. Kegiatan ini  dilaksanakan di beberapa titik lokasi yang dinilai strategis di sekitaran mesjid Al Huda.

Kajian yang menjadi ciri khas program Biro  Pendidikan Muslimat Al Huda menyajikan Tarhib Ramadan dan Kajian Muslimah Spesial dengan mengundang  nara sumber yang sangat kompeten di bidangnya. Diselenggarakan secara online pada Sabtu 1 Mei 2021, dengan para narasumber yaitu Ustad Azzam Shidqi, dengan taujih yang bertajuk  Menggapai Lailatul Qadar Juga dokter spesial penyakit dalam  MithaHafsah dengan tajuk Penyakit Penyakit yang Beresiko terhadap Covid-19. Peserta  adalah masyarakat umum yang menyambut antusias acara ini.

Lalu ada santunan Yatim Duafa, yang merupakan program unggulan biro sosial Muslimat Al Huda. Tentu saja semua dilakukan secara ptotokol kesehatan yang ketat. Peserta Santunan adalah anak anak yatim mulai tingkat TK sampai SMA.

Tak mau kalah dengan semangat para ibu. Remaja mesjid Al Huda Risma menggelar acara kajian remaja bertajuk Better Self Better Life. Acara yang digelar Selasa 4 Mei 2021 ini bertemakan tentang bagaimana mengenal rasa insecure dalam diri dan cara mengatasinya, oleh Ika Malika. Dan bagaimana menggapai potensi diri untuk kebaikan dunia dan akhirat, oleh Jodhi Adhikaprana. Acara yang sangat diminati ini berlaku untuk umum.

Kemudian, Lanjut El Shanti menjabarkan, ada juga program Sanram ( Pesantren Ramadan) yang juga merupakan program rutin tetap terlaksana dengan menyesuaikan kondisi pandemi. Sanran dilaksanakan selama 7 hari secara online. Dengan kuota 100 anak peserta, acara yang diselenggarakan oleh Rismada (Remaja Islam Al Huda) sebagai Tim pengajar dan pembimbing selalu menjadi program favorit anak-anak.

Tak ketinggalan ada Pengumpulan dan Penyaluran Zakat yang merupakan program wajib yang dikomandani DKM Mesjid tetap terselenggara. Panitia membuka stand penerimaan zakat dimulai 3 mei hingga 12 mei 2021 dengan 3 shift penerimaan. Zakat yang diterima akan disalurkan kepada duafa masyarakat sekitar.

Terakhir, sebagai acara puncak Ramadan,  DKM mesjid Al Huda bersama Muslinat Al Huda dan Rismada) bahu membahu menggelar Salat Ied dengan Khutbah Ustad Tifatul Sembiring. Dengan kondisi pandemi maka panitia secara ketat mengatur terselengaranya acara dengan protokol kesehatan bagi jamaah yang menjalankan ibadah sholat ied.

“Demikian rangkaian program yang diselenggarakan oleh DKM Mesjid Al Huda bersama Muslimat Al Huda dan Rismada ( Remaja Mesjid Al.Huda). Rupanya pandemi tak menggoyahkan mereka untuk tetap berdakwah, menyebar kebaikan dan melayani masyarakat,” pungkas El Shanti. (rd/ina)

Jurnalis/Editor : Febrina