lubang biopori pancoranmas
SEMANGAT : Pembuatan Lubang Biopori di lingkungan RW12, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas, Minggu (11/4). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas mendukung program yang dicanangkan Walikota Depok, Mohammad Idris dalam membuat 100.000 lubang resapan biopori (LRB). Dengan target di setiap RW 80 titik dan RT 20 titik.

Lurah Pancoranmas, Suganda mengatakan pelaksanaan pembuatan lubang biopori tersebut sesuai dengan arahan dan teknis dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk memberikan banyak manfaat untuk lingkungan. Disamping sebagai resapan air, juga dapat digunakan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.

“Kami terus berupaya untuk membuat LRB ini serta mengajak para pengurus lingkungan. Sampai saat ini, pelaksanaannya sudah mencapai 30-40 persen,” ujarnya kepada Radar Depok.

Kata Suganda, lokasi yang dipilih untuk membuat LRB antara lain titik rawan tergenang air, jalan lingkungan, rumah ibadah, maupun perumahan guna mencegah genangan air dikala hujan turun.

“Kami menargetkan nantinya ada 80 titik di setiap RW, dan 20 titik di setiap RT,” bebernya.

Lebih lanjut, Kelurahan Pancoranmas juga memfasilitasi masyarakat dengan memberikan pinjaman mesin bor untuk membuat lubang biopori. Diharapkan pengurus lingkungan lainnya yang belum bergerak dalam pengadaan LRB ini bisa segera melaksanakannya.

Saya mengapresiasi warga bersama pengurus lingkungan yang telah bekerjasama dalam membuat LRB. Mudah-mudahan RW lainnya dapat melaksanakan program ini secara berkelanjutan,” tukasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro