Beranda Pendidikan Parcel Ramadan SMP Yappa: Mulai dari Tarhib, Pesantren, dan Bagi-bagi Takjil

Parcel Ramadan SMP Yappa: Mulai dari Tarhib, Pesantren, dan Bagi-bagi Takjil

0
Parcel Ramadan SMP Yappa: Mulai dari Tarhib, Pesantren, dan Bagi-bagi Takjil
Kepala SMP Yappa Depok, Elliya.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mengisi kegiatan Ramadan 1442 Hijriah, SMP Yappa Depok mengadakan berbagai macam kegiatan  yang diberinama Parcel Ramadan. Dimana, kegiatannya diawali dengan Tarhib Ramadan, melaksanakan Pesantren Ramadan, dan berbagi takjil terhadap sesama.

Kepala SMP Yappa Depok, Elliya mengatakan, untuk kegiatan Tarhib Ramadan diisi dengan pemberian tausiah untuk siswa, yang disampaikan Ustazah Lulu Susanti. Dimana, dalam kesempatan tersebut, Lulu menyampaikan tentang memaksimalkan ibadah di bulan yang penuh mulia, yakni bulan Ramadan, agar menjadi khususul Khowas.

“Siswa antusias dalam kegiatan ini, walaupun dilaksanakan secara daring. Ini bisa untuk mempersiapkan diri untuk mengisi amaliyah Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,” ucapnya.

Elliya menuturkan, selain itu ada juga kegiatan Pesantren Ramadan yang dilangsungkan selama 4 hari, yakni dari tanggal 26 – 29 April. Tema yang diusung dalam kegiatanini adalah ‘menjadi generasi cerdas dan berakhlak mulia dengan Alquran’.

“Kegiatan ini bertujuan agar siswa semakin cinta Alquran, rajin membaca, mempelajari, mengkaji, dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Ahmad Kosasih menjelaskan,  Pesantren ramadhan ini diikuti seluruh siswa kelas VII dan VIII melalui luring dan daring, masing-masing perwakilan kelas dan pengurus OSIS hadir mengikuti kegiatan di sekolah, sementara yang lainnya daring dirumah.

“Untuk materi Pesantren Ramadan ada dzikir, doa, salat dhuha, tadarus dan muroja’ah al-qur’an, serta kajian fiqih tentang berwudhu, salat dan puasa,” jelasnya.

Setelah itu,  diakhir rangkaian kegiatan diadakan kegiatan sosial, yakni Ramadan Berbagi, Ramadan Berkah. Menebar kebaikan memanen keberkahan di bulan Ramadan.

Jadi, dengan Slogan tersebut,  SMP Yappa Depok mengajak semua warga sekolah untuk menebar kebaikkan yaitu dengan berbagi terhadap sesama, dengan berbagi takjil on the road  yang tersebar di sekitar lingkungan  SMP Yappa Depok.

“Kegiatan diakhiri dengan berbagi, ini adalah bagian menebar kebaikan di bulan yang penuh berkah,” tuturnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya