Beranda Satelit Depok Pemudik Kemirimuka Wajib Lakukan Swab Test

Pemudik Kemirimuka Wajib Lakukan Swab Test

0
Pemudik Kemirimuka Wajib Lakukan Swab Test
ILUSTRASI : Seorang ASN di Kota Depok sedang melakukan swab untuk mengecek paparan virus Covid-19. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, KEMIRIMUKA – Bulan Ramadan telah berlalu, musim mudik pun sudah selesai. Kini, pemerintah tengah bersiap untuk memantau datangnya gelombang arus balik dari pemudik yang berhasil mudik beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Satgas Covid-19 Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji juga tengah melakukan persiapan untuk menyambut kembalinya pemudik yang ada di wilayahnya.

Ketua Satgas Covid-19 Kemirimuka, Friansah mengatakan bila saat ini, pihaknya sedang melakukan persiapan mitigasi penularan Covid-19 dari klaster pemudik yang kembali dari kampung halaman.

Kita tengah mempersiapkan segala keperluan pencegahan, bukan suhudzon tapi ingin memberi rasa aman dan nyaman kepada warga dan juga pemudik itu sendiri,” kata Friansah, Senin (17/5).

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh ketua lingkungan, terkhusus lingkungan yang warganya melakukan perjalanan mudik pada lebaran kemarin untuk segera membawa pemudik tersebut ke Puskesmas terdekat untuk melakukan swab terlebih dahulu.

Jadi begitu pemudik datang, Ketua RW dan jajaran wajib mengajak mereka ke Puskesmas untuk diswab, setelah itu, apapun hasilnya pemudik wajib melakukan isolasi mandiri minimal tiga hari,” bebernya.

Dia menjelasjan, berdasarkan data yang diperoleh dari Kelurahan Kemirimuka, ada lima orang warga Kemirimuka yang mudik ke kampung halaman selama libur lebaran kemarin. “Ada lima orang yang mudik, tapi masih kita tanya lagi sama ketua lingkungan data rill nya,” terangnya.

Ia menambahkan, pendaftaran swab test di Puskesmas sudah dibuka sejak 18 Mei. Pada tanggal tersebut pemudik belum sampai di Kemirimuka, pemudik bisa melakukan swab pada hari ketibaanya di rumah.

Swab ini gratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun,” tutupnya. (rd/dra)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro