Pendataan Keluarga DPAPMK
PENDATAAN KELUARGA: Kader pendataan keluarga sedang melakukan pendataan, beberapa waktu lalu. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pendataan keluarga di Kota Depok telah dimulai sejak 1 April sampai 31 Mei 2021. Kota Depok telah mendata sebanyak 369.393 Kepala Keluarga (KK) atau setara dengan 73,80 persen.

Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Manusia Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Anisa Handari mengatakan, pendataan keluarga di Kota Depok saat ini telah mencapai 73,80 persen.

“Target KK yang terdata ada 500.616, sedangkan data yang sudah masuk ada 369.393 KK,” tutur Nessi kepada Radar Depok, Rabu (19/5).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pendataan keluarga sebenarnya merupakan program lima tahunan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Dilaksanakan dengan metode sensus, yaitu kunjungan rumah ke rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi ini,” bebernya.

Sementara, Kepala Seksi Keluarga Berencana (KB), Intan Yustisiawati mengatakan, total kader yang ditugaskan dalam pendataan keluarga pada tahun ini 5.093 orang.

“Sebelumnya para kader sudah diberi pelatihan terkait pendataan keluarga,” tutur Intan.

Mengingat waktu pendataan akan berakhir pada akhir Mei 2021, DPAPMK Kota Depok terus melakukan upaya agar tercapainya target pendataan keluarga.

“Upaya kami dengan memotivasi kader-kader pendata, agar terus bersemangat. Kemudian melakukan monitoring dan evaluasi ke lapangan. Serta berkoordinasi kembali dengan camat, lurah, RW, dan RT bagi keluarga yang belum terdata,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR