dinas damkar evakuasi ular sanca
EVAKUASI : Petugas DPKP sedang menangkap ular sanca yang bersembunyi di saluran warga. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, terus melakukan kegiatan penyelamatan kepada satwa yang masuk dalam pemukiman penduduk.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Siang itu, warga Kelurahan Bojongsari yang tinggal di kawasan Gang Delima, Samping Pospol Bojongsari, dikagetkan dengan kemunculan seekor ular sanca berukuran raksasa.

Ular Sanca tersebut bersembunyi di sebuah saluran air di ruko molik Hai Agung. Sebelum muncul ke permukaan, Haji Agung sempat kebingungan lantaran saluran airnya selalu mampet. Lalu dia memutuskan untuk melihat ke dalam saluran dari ujung saluran yang ada di depan rukonya.

Setelah palanya menunduk dan meneropok ke dalam saluran tersebut, dia langsung kaget dan histeris lantaran melihat ekor ular piton dan setengah bagian tubuhnya yang sedang bersemayam di dalam saluran.

Akhirnya Haji Agung memutuskan untuk menghubungi personel DPKP Kota Depok yang memiliki UPT tidak jauh dari lokasinya. Hanya dalam hitungan menit, personel di bawah pimpinan Gandara Budiana ini langsung tiba di lokasi untuk mengevakuasi hewan melata raksasa tersebut.

Proses evakuasi berlangsung alot dan mendebarkan. Petugas DPKP sampai harus membongkar permukaan saluran dengan alat penghancur agar dapat menggapai ular yang bersembunyi digorong-gorong.

Ularnya masuk dalem banget, jadi gabisa langsung diambil dari dalam saluran,” kata Komandan Regu DPKP, Muhammad Ridwan.

Saat saluran terbongkar, petugas langsung mengevakuasi ular tersebut. Tentunya, ular yang kerap diburu kulitnya ini tidak akan menyerah tanpa melakukan perlawanan. Petugas sempat kewalahan menghadapi pemberontakan yang dilakukan sanca berukuran enam meter tersebut. Akan tetapi, dengan kepiawaian mereka, ular tersebut berhasil dievakuasi dari dalam saluran.

Enam personel kami turun tangan untuk mengevakuasi ular yang berukuran besar ini,” pungkasnya. (*)

Editor : Junior Williandro