Beranda Metropolis PNS Depok Dijatah Libur Tiga Hari

PNS Depok Dijatah Libur Tiga Hari

0
PNS Depok Dijatah Libur Tiga Hari
Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Depok pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah hanya mendapat jatah libur Lebaran selama tiga hari. Yaitu pada Rabu (12/5), Kamis (13/5), dan Jumat (14/5). Kemudian para PNS akan beraktivitas kembali pada Senin (17/5).

Hal tersebut sebelumnya sudah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri tentang perubahan atas keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2021.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati menyebutkan, PNS Kota Depok terakhir melaksanakan tugas atau kerja sebelum Hari Raya Idul Fitri, yaitu Selasa 11 Mei 2021.

“Rabu 12 Mei 2021 sudah mulai libur. Lebarannya kan Kamis 13-14 Mei 2021,” tutur Mary kepada Radar Depok, Rabu (5/5).

Perlu diketahui, selama masa libur, PNS Kota Depok dilarang melakukan bepergian ke luar kota ataupun provinsi. Hal tersebut sesuai Surat Edaran Walikota Depok Nomor 800/202-HUK/BKPSDM, tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau mudik dan/atau cuti bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam masa pandemi Covid-19. “Pegawai ASN juga tidak boleh mengajukan cuti selama periode 6 sampai 17 Mei 2021,” tegas Mary.

Mary mengungkapkan, larangan cuti bagi para ASN sesuai dengan SE Menpan RB Nomor 08 Tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau mudik dan/atau cuti bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam masa pandemi Covid-19.

“Alasan pelarangan cuti adalah untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat, dikarenakan perjalanan orang di masa pandemi Covid-19,” sambung Mary.

Terpisah, salah satu ASN di Kota Depok, Ilham mengaku, akan mengikuti peraturan yang ada terkait penetapan hari libur Hari Raya Idul Fitri. “Kalau memang kami mulai libur dari Rabu 12 Mei 2021, tidak masalah,” tuturnya.

Dirinya bahkan tidak ada niatan untuk melakukan perjalanan ke luar kota ataupun provinsi saat periode tertentu di 6 sampai 17 Mei 2021. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR